Motor Peserta Asia Talent Cup Sampai di Mandalika, Intip Speknya

Kompas.com - 19/10/2021, 11:42 WIB
Para pebalap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 Dok. ATCPara pebalap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum menggelar seri terakhir dari World Superbike (WorldSBK) 2021, Indonesia juga mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah seri terakhir Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021.

Seri pamungkas Idemitsu ATC 2021 ini akan digelar pada 12-14 November 2021. Balapannya akan diselenggarakan di Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika, Lombok.

Baca juga: Pebalap Indonesia Berjuang Keras di Seri Perdana ATC Qatar

Dikutip dari akun Instagram @themandalikagp, motor balap yang akan digunakan para peserta IATC ini sudah sampai di Indonesia. Tak sedikit yang penasaran, sehebat apa atau seperti apa spesifikasi motor tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MGPA Official #TheMandalikaGP (@themandalikagp)

Motor yang digunakan adalah Honda NSF250R. Motor ini dibekali dengan mesin berkapasitas 249,3 cc, DOHC, 4-tak, satu silinder, dan berpendingin cairan.

Meskipun hanya menggunakan mesin 250 cc satu silinder, tapi motor ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 47,6 tk pada 13.000 rpm dan torsinya 28 Nm pada 10.500 rpm. Tenaganya berlimpah berkat adanya RAM Air-intake.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Selain WSBK dan MotoGP, Sirkuit Mandalika Bakal Gelar Asia Talent Cup

Honda NSF250R yang digunakan dalam ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC)Dok. ATC Honda NSF250R yang digunakan dalam ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC)

Dikutip dari Hondaracingcorporation.com, Senin (18/10/2021), material yang digunakan juga tidak sembarangan. Klepnya dari titanium untuk mengurangi gesekan. Titanium dipilih karena tahan terhadap tekanan dan suhu ekstrem akibat putaran mesin atau rpm yang tinggi.

Honda NSF250RHonda.co.jp Honda NSF250R

Agar mesin tetap kompak dan terpusat pada satu titik massa, maka konstruksi silindernya dibuat dengan kemiringan 15 derajat ke belakang. Untuk meningkatkan konsentrasi massa, intake manifold ditempatkan di depan cylinder head dan lubang exhaust di belakangnya.

Nikel silikon digunakan untuk melapisi bagian kepala dan dinding silinder. Fungsinya untuk mengurangi gesekan dan membuat mesin lebih awet.

Honda NSF250RHonda.co.jp Honda NSF250R

Balance shaft yang digunakan untuk meredam getaran mesin ditempatkan pada crankshaft, sehingga membantu kekuatan mesin dan konsentrasi massa. Hasilnya, putaran mesin bisa tembus hingga 14.000 rpm.

NSF250R sebenarnya merupakan hasil pengembangan dari RS125 yang menggunakan mesin 2-tak. Saat era 4-tak mengambil alih, lahirlah NSF250R ini. Bagian rangka dan swingarm dikonfigurasi ulang untuk menyesuaikan karakter mesin 4-tak.

Baca juga: Berburu Avanza Bekas di Bawah Rp 100 Juta, Paling Muda Lansiran 2014

Honda NSF250RHonda.co.jp Honda NSF250R

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.