Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rem Blong, Bus Menabrak Pembatas Jalan hingga Menerobos Kantor

Kompas.com - 13/10/2021, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini terjadi kecelakaan yang melibatkan empat kendaraan akibat rem blong. Insiden tersebut terjadi di ruas Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), Surakarta, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (11/10/2021).

Kecelakaan bermula saat bus Cahaya Bhakti Utama (CBU) sedang dalam perjalanan dari arah Leuwilian, Bogor menuju Tanjung Priok, Jakarta. Begitu tiba di Km 00.600 B, bus mengalami gangguan fungsi rem lalu pengemudi banting setir ke kiri dan menabrak pembatas jalan tol hingga hancur.

Kerasnya tabrakan membuat bus masuk ke parkiran kantor PT Marga Sarana Jabar dan kemudian menabrak empat mobil yang sedang parkir. Sejumlah mobil pun terguling dan ringsek akibat tabrakan tersebut.

Baca juga: Bersihkan Mesin Motor Jangan Pakai Bensin

“Pengemudi tidak konsentrasi ketika kendaraan mengalami rem blong. Sehingga menabrak pagar serta mobil yang sedang parkir,” ucap Kanit Laka Lantas Polres Bogor Ipda Angga dikutip dari Regional Kompas.com, Selasa (12/10/2021).

Bus menabrak empat kendaraan dalam kecelakaan di depan Gerbang Tol Sentul Bogor, Jawa Barat, Senin (11/10/2021).Dok. Istimewa Bus menabrak empat kendaraan dalam kecelakaan di depan Gerbang Tol Sentul Bogor, Jawa Barat, Senin (11/10/2021).

Menanggapi hal ini, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan, rem blong memang lebih umum terjadi pada kendaraan komersial seperti truk atau bus yang dipaksa kerja terus menerus tanpa diperhatikan kesehatan komponennya.

Untuk mengatasi mobil yang alami rem blong, menurut Marcell adalah hal yang gampang-gampang susah.

"Selain jangan panik, bisa juga dengan mencoba menginjak pedal rem lagi karena kemungkinan rem mengalami vapor locking," ucapnya.

Baca juga: Pemerintah Rilis Peta Jalan Indonesia Menuju Zero Emission pada 2060

Selain itu, pengemudi juga bisa melakukan engine brake secara bertahap untuk menurunkan transmisi sehingga kecepatan mobil menjadi menurun. Ketika keadaaan mulai melambat pengemudi bisa menggunakan rem tangan untuk menghentikan kendaraan.

“Jika mobil masih jalan juga, coba untuk menggesekan mobil ke pembatas jalan atau apabila ada jalur penyelamat bisa digunakan,” kata Macell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com