Begini Bentuk Muka Orang yang Ngebut 200 Kpj Enggak Pakai Helm

Kompas.com - 18/10/2021, 13:41 WIB
Muka orang yang ngebut dalam kecepatan tinggi tidak pakai helm Foto: Tangkapan layarMuka orang yang ngebut dalam kecepatan tinggi tidak pakai helm
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan alat perlindungan penting saat mengendarai sepeda motor. Helm berfungsi untuk melindungi kepala dan mencegah cedera serius jika terjadi kecelakaan.

Meski demikian ada saja orang yang belum sadar mengenai pentingnya penggunaan helm. Seperti yang terlihat dalam video yang diunggah akun Instagram Otomotif Weekly yang mempelihatkan pemuda ngebut tanpa helm.

Baca juga: Peran Strategis Indonesia di Rantai Pasok Global Kendaraan Listrik

https://www.instagram.com/tv/CVHM3mVMxQX/?utm_source=ig_web_copy_link

 

Dalam penjelasan video pemuda itu mengebut hingga kecepatan 200 kpj. Saking kencangnya muka pemuda tersebut sampai tertarik ke belakang. Matanya menjadi sipit, mulutnya sempat terbuka, dan bagian pipi seperti karet.

"Begini jadinya kalo kamu tanpa helm dan ngegas motor di kecepatan 200kmph????," tulis akun dikutik Kompas.com, Senin (18/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, menegaskan bahwa penggunaan helm wajib hukumnya dan tidak bisa ditawar lagi. Apalagi jika berkendara dalam kecepatan tinggi.

Baca juga: Sirkuit Multi-Fungsi di Surabaya Segera Diluncurkan

Helm full faceDok. DAM Helm full face

Agus mengatakan, kurangnya pendidikan tentang keselamatan berkendara bagi para pengendara motor menjadi salah satu alasan mengapa helm kerap disepelekan.

“Selain itu, pemahaman akan risiko yang fatal jika mengendarai motor tanpa helm juga masih kurang. Padahal banyak potensi bahaya di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada pengendara,” ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Agus menyarankan untuk meningkatkan kesadaran pengendara motor akan pentingnya helm bisa dilakukan dengan pendidikan sejak dini soal keselamatan berkendara di sekolah. Sehingga masyarakat paham pentingnya helm sejak usia belia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.