Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Bentuk Muka Orang yang Ngebut 200 Kpj Enggak Pakai Helm

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm merupakan alat perlindungan penting saat mengendarai sepeda motor. Helm berfungsi untuk melindungi kepala dan mencegah cedera serius jika terjadi kecelakaan.

Meski demikian ada saja orang yang belum sadar mengenai pentingnya penggunaan helm. Seperti yang terlihat dalam video yang diunggah akun Instagram Otomotif Weekly yang mempelihatkan pemuda ngebut tanpa helm.

Dalam penjelasan video pemuda itu mengebut hingga kecepatan 200 kpj. Saking kencangnya muka pemuda tersebut sampai tertarik ke belakang. Matanya menjadi sipit, mulutnya sempat terbuka, dan bagian pipi seperti karet.

"Begini jadinya kalo kamu tanpa helm dan ngegas motor di kecepatan 200kmph????," tulis akun dikutik Kompas.com, Senin (18/10/2021).

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, menegaskan bahwa penggunaan helm wajib hukumnya dan tidak bisa ditawar lagi. Apalagi jika berkendara dalam kecepatan tinggi.

Agus mengatakan, kurangnya pendidikan tentang keselamatan berkendara bagi para pengendara motor menjadi salah satu alasan mengapa helm kerap disepelekan.

“Selain itu, pemahaman akan risiko yang fatal jika mengendarai motor tanpa helm juga masih kurang. Padahal banyak potensi bahaya di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada pengendara,” ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Agus menyarankan untuk meningkatkan kesadaran pengendara motor akan pentingnya helm bisa dilakukan dengan pendidikan sejak dini soal keselamatan berkendara di sekolah. Sehingga masyarakat paham pentingnya helm sejak usia belia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/18/134100615/begini-bentuk-muka-orang-yang-ngebut-200-kpj-enggak-pakai-helm

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke