Juara WorldSBK Jonathan Rea Menyesal Tak Pernah Balapan Full di MotoGP

Kompas.com - 17/10/2021, 11:21 WIB
Jonathan Rea Foto: Motorsport-Total.comJonathan Rea
|

AUSTIN, KOMPAS.com - Juara dunia enam kali WorldSBK Jonathan Rea sedikit menyesal karena tidak pernah membalap penuh di MotoGP untuk membuktikan dirinya sendiri.

Rea hanya dua kali balapan di MotoGP sebagai pengganti Casey Stoner pada 2012. Ketika dia mencapai puncak di WSBK, dia tidak punya kesempatan untuk menjajal MotoGP.

Baca juga: Lakukan Ini Saat Mengendarai Motor dan Terjadi Gempa

Valentino Rossi lebih dari sekali mengucapkan bahwa Rea pantas membalap di MotoGP. Legenda balap yang akan gantung helm itu menyayangkan Rea tidak balapan di kelas premier.

Dua pebalap World Superbike (WorldSBK), Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea, bersaing ketatDok. @toprak_tr54 Dua pebalap World Superbike (WorldSBK), Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea, bersaing ketat

"Disebut-sebut olehnya bagus, karena dia yang terhebat sepanjang masa dan kami saling menghormati. Terkadang kami saling mengirim pesan setelah balapan," kata Rea mengutip Tuttomotoriweb.it, Sabtu (16/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya penggemar beratnya. Tentu saja, sangat disayangkan saya tidak bisa bersaing penuh waktu di MotoGP. Saya hanya melakukan dua balapan di 2012," kata Rea.

Pebalap asal Irlandia Utara itu menghabiskan awal karier di Honda, kemudian titik baliknya yaitu saat dia pindah ke Kawasaki dan merebut enam gelar berturut-turut.

"Ketika saya bergabung dengan Kawasaki, saya sangat senang, saya menang. Satu-satunya tanda tanya yang harus saya tanyakan pada diri sendiri adalah apa yang bisa saya lakukan di MotoGP," katanya.

Baca juga: Dicangkok Turbocharger, Tenaga Kawasaki Ninja ZX-25R Tembus 57 tk

Pebalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi melewati para suporternya pada balapan MotoGP San Marino 2021, Minggu (19/9/2021) malam WIB.AFP/ANDREAS SOLARO Pebalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi melewati para suporternya pada balapan MotoGP San Marino 2021, Minggu (19/9/2021) malam WIB.

"Saya tidak tahu. Saya tidak menyesal, karena saya tidak pernah punya kesempatan," kata Rea.

Diketahui Rea pernah ada beberapa obrolan dengan tim di MotoGP tapi tidak pernah sampai tahap serius. Rea ingin tim yang bagus karena tidak ingin hanya bertengger di 10 besar.

Kini dengan usianya yang sudah kepala tiga kesempatan membalap di MotoGP hampir hilang. Rea memilih fokus pada ajang WSBK, kejuaraan yang telah membesarkan namanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.