Dicangkok Turbocharger, Tenaga Kawasaki Ninja ZX-25R Tembus 57 tk

Kompas.com - 16/10/2021, 16:02 WIB
Kawasaki Ninja ZX-25R Turbocharger garapan Trickstar Racing Japan Dok. Young MachineKawasaki Ninja ZX-25R Turbocharger garapan Trickstar Racing Japan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki Ninja ZX-25R dibekali dengan mesin 250 cc 4-silinder. Tapi, tidak dilengkapi dengan turbocharger.

Belum lama ini, Trickstar Racing Japan memodifikasi ZX-25R dengan mencangkok turbocharger pada mesinnya. Tujuannya adalah ingin membuat motor 250 cc tersebut sekencang motor balap Moto3.

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Neo Cafe Racer, Langsung Dibawa dari Diler

Untuk diketahui, motor balap yang digunakan di Moto3 menggunakan mesin berkapasitas 250 cc, satu silinder, tapi tenaganya dapat mencapai 60 tk.

Kawasaki Ninja ZX-25R Turbocharger garapan Trickstar Racing JapanDok. Young Machine Kawasaki Ninja ZX-25R Turbocharger garapan Trickstar Racing Japan

Ryuji Tsuruta, perwakilan dari Trickstar, mengatakan, sejujurnya dia tidak tahu berapa performa yang akan dicapai. Dia mengaku menargetkan top speed bisa tembus 250 km/jam.

"Tapi, Kawasaki Ninja ZX-25R ini sudah memiliki tenaga puncak 57,2066 tk pada pengukuran di roda belakang. Jadi, saya pikir tenaga ZX-25R Turbo ini mungkin sudah mendekati 69,0424 tk di crankshaft," ujar Ryuji, dikutip dari Young-machine.com, Sabtu (16/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R Terbaru Siap Dikirim ke Diler

Ryuji mengatakan, dia belum meneliti advance angle dan fuel adjustment. Lalu, intercooler juga belum terpasang dan boost pressure ada di 0,4.

Kawasaki Ninja ZX-25R Turbocharger garapan Trickstar Racing JapanDok. Young Machine Kawasaki Ninja ZX-25R Turbocharger garapan Trickstar Racing Japan

"Mulai sekarang saya bekerja dengan seorang penasihat yang memiliki pengetahuan tentang empat roda, tetapi ketika saya melanjutkan dengan penyetelan, masalah akan terjadi secara alami. Saya akan mencoba sampai rusak karena trial and error," kata Ryuji.

Jika riset untuk perangkat turbocharger ini sudah selesai, Trickstar masih belum yakin apakah akan menjualnya untuk umum atau untuk balap. Tapi, untuk memasarkannya tetap sudah dipikirkan.

"Saya ingin menantang dunia elektrik (motor listrik) setelah menyelesaikan ini," ujar Ryuji.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.