Melihat Peluang Motor Listrik BL-SEV01 Bisa Diproduksi Massal

Kompas.com - 13/10/2021, 15:01 WIB
Motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok Foto: Universitas Budi LuhurMotor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor listrik Budi Luhur-Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) terus disempurnakan. Belum lama ini motor bahkan sukses melakukan touring Jakarta-Mandalika.

Dengan berbagai raihan yang positif muncul pertanyaan kapan motor ini bisa meluncur dan dijual untuk umum?

Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, mengatakan, sebagai akademisi maka target BL-SEV01 saat ini ialah pada penelitian dan pengembangan.

Baca juga: Honda CB150R StreetFire Diskon Rp 1 Juta di Jawa Barat

Motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, LombokFoto: Universitas Budi Luhur Motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok

"Akademisi penekanannya ke R&D. Kalau kami mengukurnya dari skala kesiapan teknologi itu dari skala 1-9. Kalau sudah dalam skala 9 itu sudah siap nyemplung ke manufacturing," katanya di Jakarta, Selasa (12/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sujono mengatakan, sampai dengan pengetesan touring Jakarta-Mandalika maka skala kesiapan teknologi BL-SEV01 sudah berada di level 7.

"Di level 7 itu sudah di tes dari performa, daya tahan, nah untuk masuk ke level 8 kita harus melibatkan publik untuk mengetesnya. Jadi tidak hanya tim kita. Karena kalau tim kita bisa saja kongkalikong," katanya.

Sujono mengatakan tim akan terus mengembangkan BL-SEV01. Jika sesuai rencana pada awal 2022 tim akan kembali melakukan pengujian agar bisa mencapai level 8.

"Sebelum mempersiapkan publik untuk mencoba, kita siapkan motornya. Semoga dari data (touring) ke Mandalika ini kita siapkan dari sisi ergonomi, keselamatan kemudian dari baterai kita sempurnakan," katanya.

Baca juga: Pajak Karbon Segera Berlaku, Bagaimana Nasib Diskon PPnBM?

Motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, LombokFoto: Universitas Budi Luhur Motor listrik BL-SEV01 sukses melakukan pejalanan dengan rute Jakarta-Mandalika, Lombok

Masuk ke industri

Sujono mengatakan sebagai praktisi di bidang rekayasa enginering, maka pihaknya tidak bisa jalan sendiri jika ingin masuk ke skala industri.

"Dari pengetesan ini kita dapat data, terus nanti kita sempurnakan masuk ke level 8 nanti kita tambahkan, tapi mungkin kita tidak bisa bekerja sendiri menuju level 9," katanya.

"Karena itu sudah bicara rencana bisnis dan segala macam, sedangkan kami lebih ke ennginering itu mungkin yang nanti ada dukungan dari IMI dan industri untuk menyiapkan ke level 9 ke manufaktur," kata Sujono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.