Bus Medium Buatan Adiputro untuk Angkutan Karyawan Perusahaan Tambang

Kompas.com - 13/10/2021, 11:12 WIB
Bus karyawan tambang PT OSS DOK. YOHAN SETIAWANBus karyawan tambang PT OSS

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro kembali merilis bus karyawan untuk area tambang. Kali ini PT Obsidian Stainless Steel memesan empat unit bus medium untuk mengangkut karyawannya.

Bodi yang digunakan kali ini adalah Jetbus 3+ MD alias medium bus Adiputro. Jetbus MD yang dipilih memakai tampang single glass, mengingat modelnya yang lebih kalem dengan pandangan ke depan yang luas.

Supervisor Finishing Bus karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, bus medium yang dipasang ke sasis Mitsubishi FE47 ini punya desain eksterior dan interior yang berbeda.

Baca juga: SPKLU Hyundai Terbuka bagi Mobil Listrik Merek Lain

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by yohan Setiawan (@yohansetiawan08)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara umum memang tidak terlalu kelihatan jika dari depan. Namun perbedaan utama ada di samping, pintunya memakai model hidrolis yang terbuka otomatis.

"Tanpa selendang samping juga masih kelihatan cakep," ucap Yohan kepada Kompas.com, Selasa (12/10/2021).

Mengingat biasanya bus medium buatan Adiptro juga tetap memakai selendang 'Voyager' atau biasa disebut dengan selendang. Selain itu, ubahan lain ada di bagian belakang.

Baca juga: Ada Biaya Tambahan Saat Bayar Pajak Kendaraan Lima Tahunan

"Di belakang, bedanya adalah tidak ada bagasi belakang," kata Yohan.

Berbeda dari bus medium non tambang, bagasi di bagian luar dihilangnkan. Mengingat bus tambang digunakan hanya untuk mengangkut penumpang, bukan membawa barang.

Masuk ke bagian kabin, jangan heran kalau bangkunya hanya ada tujuh. Kabin bus ini dibuat agar bisa memuat 25 orang sampai 30 orang berdiri, ditambah lantainya yang memakai bordes agar tahan lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.