SPKLU Hyundai Terbuka bagi Mobil Listrik Merek Lain

Kompas.com - 12/10/2021, 16:31 WIB
Charging Station Hyundai Bintaro KOMPAS.com/STANLY RAVELCharging Station Hyundai Bintaro

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) kembali meresmikan diler ke-53 di Bintaro. Jaringan 3S ini juga dilengkapi fasilitas AC Charging Station untuk pengisian daya mobil listrik.

Menariknya, fasilitas pengisian daya mobil listrik teresebut terbuka untuk umum. Artinya, pengguna mobil listrik dari merek apapun, dipersilakan untuk mengisi daya menggunakan fasilitas Hyundai.

Kurang lebih konsepnya jadi seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), bedanya hanya diletakan di area diler saja.

Baca juga: Bukan Mobil Listrik, tetapi Palisade yang Mendominasi SPK Hyundai

"Untuk electric vehicle (EV) charging pada dasarnya selama gun (soket) itu sama, silakan saja. Jadi di Indonesia ini dikenal ada dua, pertama itu CCS dan CHAdeMO, kita pakai dua itu. Mirip-mirip dengan mobil listrik Amerika Serikat, China, dan Korea," ucap Chief Operating Officer PT. HMID, kepada media di Bintaro, Senin (11/10/2021).

Diler Hyundai terbaru di Depok, Jawa Barat.Dok. HMID Diler Hyundai terbaru di Depok, Jawa Barat.

Lebih lanjut Makmur menjelaskan, setiap dilernya kini sudah dilengkapi dengan charging station. Fasilitas tersebut di luar dari investasi SPKLU yang dianggarkan Hyundai dari Medan sampai Ambon, bahkan Papua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk saat ini sendiri, Makmur mengklaim Hyundai sudah memiliki lebih 100 unit SPKLU di luar dari fasilitas pengisian daya yang diletakan pada diler-dilernya.

"Kita sekarang sudah punya 53 outlet, tiap outlet punya charging station. Namun di luar itu, kami tambahkan lagi dari Banten sampai Bali, itu kita letakan di mal, restoran, cafe, convention, hotel, dan rest area," ujar Makmur.

Baca juga: Puluhan Mobil Dinas Pemkot Tangerang Terbengkalai Jadi Bangkai

"Jadi orang menggunakan EV mau melakukan perjalanan Jakarta-Bali tidak masalah, tinggal travel management atau pengaturannya saja. Mobil kami di atas 300 km, jalan dari Jakarta-Tegal di Cirebon kita punya yang DC isi 50 menit full, di km 300-an ada lagi, lalu 589 ada lagi, jadi aman sampai Bali," lanjutnya.

SPKLU di Ruas Tol Trans JawaJasamarga Related Business (JMRB) SPKLU di Ruas Tol Trans Jawa

Senada dengan Makmur, Surya Benjamin, Head of Channel Stategy Dept PT HMID Surya Binjamin juga mengatakan, fasilitas charging station yang dimiliki Hyundai terbuka untuk mobil listrik merek lain.

"Kita open, jadi memang konsep kami agar pengguna mobil listrik merek lain juga bisa mengenal produk kami," ucap Surya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.