Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi GPS Tracker Kendaraan Karya Anak Bangsa

Kompas.com - 11/10/2021, 13:58 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan Global Positioning System (GPS) tracker atau GPS pelacak saat ini sudah banyak digunakan oleh pemilik kendaraan, baik yang sudah terintegrasi dengan kendaraan maupun yang di jual secara terpisah.

Namun ada kendala bagi pengguna GPS Tracker saat ini, yakni sulitnya untuk personalisasi fitur yang dibutuhkan konsumen, lantaran kebanyakan aplikasi yang beredar adalah aplikasi beli jadi dari luar negeri dan white label.

Banyak perusahaan penyedia layanan GPS di Indonesia hanya mengubah label dan tampilannya saja jadi merk tertentu.

Baca juga: Terjadi Lagi Pencurian Ban dan Pelek, Empat Ban Hilang Tak Bersisa

Untuk mengatasi hal tersebut, StartGPS hadir dengan aplikasi khusus, yakni aplikasi yang diciptakan sendiri karya anak bangsa dari PT. Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia.

Aplikasi StartGPS StartGPS Aplikasi StartGPS

Aplikasi ini dibuat berdasarkan pengalaman di bidang teknologi pelacakan, juga berbekal riset kebiasaan dan kebutuhan konsumen. Sehingga konsumen yang lebih advanced dapat melakukan personalisasi atau penyesuaian, sesuai kebutuhan bisnis konsumen

"Kami membuat aplikasi ini dari awal mulai menentukan arsitektur serta desain aplikasi yang menerapkan teknologi terkini dan tepat guna,” ucap CEO PT. Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia, Hartono Budiman melalui keterangan resmi, Senin (11/10/2021).

Aplikasi Start GPS juga memiliki kelebihan, di antaranya tampilan yang lebih smooth, seperti seamless user experience, untuk peralihan antar fitur yang digunakan.

"Aplikasi StartGPS memiliki banyak fitur seperti pelacakan, monitoring, rekam jejak, reporting park and stop report, trip report, driving behaviour supir, realtime temperature, realtime fuel consumption,” kata Hartono.

Aplikasi StartGPS StartGPS Aplikasi StartGPS

Salah satu kelebihan yang paling penting dari Aplikasi Start GPS adalah, dapat menerima koneksi seluruh device hardware GPS Tracker dari merk manapun yang beredar di Indonesia

"Server kami dapat menerima hampir seluruh GPS Tracker yang sudah beredar di Indonesia, sehingga konsumen yang kurang puas dengan aplikasi GPS yang lama, dapat berpindah ke Server Aplikasi StartGPS. Jadi tidak memberatkan konsumen, karena tidak perlu beli device atau hardware GPS yang baru,” ujar Irma Purnamasari, Business Process Manager PT. STTI.

Baca juga: Jadwal SIM Keliling di Bekasi Oktober Ini

Irma melanjutkan, di bulan Oktober 2021 ini, pihaknya sedang menggratiskan kepada calon konsumen yang ingin berpindah aplikasi server ke StartGPS.

“Cukup pakai alat lama, tanpa perlu beli alat GPS Tracker yang baru lagi. Lebih hemat, lebih memudahkan, sesuai tagline kami yaitu Easy and Flexible,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com