Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wujudkan Zero Emission, Nissan Bikin Pabrik Jadi Ramah Lingkungan

Kompas.com - 11/10/2021, 11:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai bagian dari rencana zero emission pada 2050, Nissan bakal memulai dengan menghilangkan zat CO2 dari proses manufaktur.

Beralihnya peralatan pabrik ke tenaga listrik dianggap memainkan peran penting dalam upaya mewujudkan netralitas karbon.

Dilansir dari Nikkei (10/10/2021), demi mewujudkan zero emission di lingkungan pabrik, Nissan bakal memperhatikan setiap proses perakitan, mulai dari ekstraksi bahan mentah hingga pembuangan.

Baca juga: Toyota Siapkan SUV Mungil Aygo X, Meluncur November

Ilustrasi baterai mobil listrik Nissan Leafassemblymag.com Ilustrasi baterai mobil listrik Nissan Leaf

Kemudian, semua peralatan produksi akan dialiri listrik, yang mengambil tenaga dari energi terbarukan seperti matahari dan angin. Adapun untuk energi yang dihasilkan dari fuel cell akan menggunakan bioetanol dan hidrogen.

"Pada tahun 2050, daya yang digunakan pabrik pada dasarnya akan dialiri listrik, dan sumber energi semuanya akan dialihkan ke energi terbarukan dan bahan bakar alternatif," ujar Hideyuki Sakamoto, Nissan Vice Executive President, dikutip dari Nikkei.

Selain itu, perusahaan akan memasang sistem fuel cell di Tochigi dan mulai 2022. Sistem ini akan diadopsi secara bertahap di pabrik lain sebelum peluncuran skala besar mulai 2030.

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell dan Vivo, Pertamax Turbo Turun

Nissan LeafKOMPAS.com/Ruly Nissan Leaf

Pada tahun tersebut, Nissan menargetkan bakal menurunkan emisi CO2 sebesar 40 persen atau lebih besar dibandingkan dengan 2019.

Selanjutnya, Nissan akan memasang peralatan mutakhir di beberapa pabrik di Jepang maupun mancanegara pada tahun 2030.

Rencananya, lini produksi baru di Tochigi menampilkan kendaraan perakitan robot. Peralatan tersebut juga akan diadopsi di dua pabrik di prefektur Fukuoka dan Kanagawa Jepang, dan di dua pabrik AS.

Di samping itu, Nissan juga akan mengembangkan infrastruktur yang mampu memenuhi permintaan kendaraan listrik yang saat ini terus meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com