Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Mobil Vaksin Keliling Milik Pemkot Surabaya

Kompas.com - 11/10/2021, 07:22 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meluncurkan mobil vaksin keliling untuk membantu percepatan vaksinasi di seputar wilayah aglomerasi, ibu kota Jawa Timur tersebut.

Peluncuran mobil vaksin keliling ini secara resmi dilakukan di halaman Balai Kota Surabaya, Minggu (10/10/2021). Kendaraan khusus ini nantinya akan membantu proses vaksinasi di wilayah Gerbang Kertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan).

Pemkot Surabaya menggunakan multi purpose vehicle (MPV) boxy lansiran Suzuki, yakni APV Arena, untuk dijadikan mobil vaksin keliling. APV Arena memang kerap difungsikan tidak hanya sebagai mobil penumpang, namun juga angkutan barang, bahkan sampai jadi ambulans.

Suzuki APV Arena sendiri sudah mengaspal di Indonesia sejak 2004 dengan status awal sebagai mobil impor utuh alias completely build up (CBU) yang didatangkan langsung dari Jepang. Tapi, tak lama berselang APV kemudian dirakit secara lokal oleh Suzuki Indonesia, sampai saat ini. APV Arena terakhir kali mendapatkan penyegaran tampang pada 2016.

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Punya Garasi, atau Didenda Rp 2 Juta

Menilik dapur pacunya, APV Arena dibekali dengan mesin berlabel G15A 4 silinder, berkapasitas 1.495 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 93,2 hp pada 6.000 rpm dan torsinya mencapai 126 Nm pada 3.000 rpm.

Suzuki APVSUZUKI.co.id Suzuki APV

Mesin ini menenggak bensin sebagai bahan bakarnya. APV pun sudah disematkan sistem suplai Multi-Point Injection sehingga konsumsi bahan bakarnya diklaim irit tanpa mengorbankan performa mesin.

Dari luar, mobil MPV boxy ini memiliki bodi yang cukup bongsor. Secara detail, APV Arena memiliki dimensi panjang 4.155 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.855 mm, dan jarak poros roda atau wheelbase 2.625 mm.

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell dan Vivo, Pertamax Turbo Turun

Lantas untuk ground clearance alias jarak dengan permukaan jalan adalah 175 mm dan didukung sistem Air Intake. Oleh karena itu, Suzuki APV Arena bisa diandalkan melintasi genangan air saat musim hujan.

Untuk sistem keselamatannya, tidak ada fitur-fitur canggih semacam Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist, dan semacamnya. APV Arena mengandalkan fitur keselamatan pasif berupa airbag dan sabuk pengaman 3 titik dengan pengatur ketinggian.

Membahas harga, untuk on the road (OTR) Surabaya, APV Arena dibanderol pada harga Rp 169-228 juta. Sementara untuk OTR Jakarta dijual Rp 163,5-218 juta. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com