Spesifikasi Mobil Vaksin Keliling Milik Pemkot Surabaya

Kompas.com - 11/10/2021, 07:22 WIB
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meluncurkan Mobil Vaksin Keliling untuk membantu percepatan vaksinasi di wilayah Aglomerasi, yakni Gerbang Kertasusila, di Balai Kota Surabaya, Minggu (10/10/2021). KOMPAS.COM/GHINAN SALMANPemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meluncurkan Mobil Vaksin Keliling untuk membantu percepatan vaksinasi di wilayah Aglomerasi, yakni Gerbang Kertasusila, di Balai Kota Surabaya, Minggu (10/10/2021).

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya meluncurkan mobil vaksin keliling untuk membantu percepatan vaksinasi di seputar wilayah aglomerasi, ibu kota Jawa Timur tersebut.

Peluncuran mobil vaksin keliling ini secara resmi dilakukan di halaman Balai Kota Surabaya, Minggu (10/10/2021). Kendaraan khusus ini nantinya akan membantu proses vaksinasi di wilayah Gerbang Kertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan).

Pemkot Surabaya menggunakan multi purpose vehicle (MPV) boxy lansiran Suzuki, yakni APV Arena, untuk dijadikan mobil vaksin keliling. APV Arena memang kerap difungsikan tidak hanya sebagai mobil penumpang, namun juga angkutan barang, bahkan sampai jadi ambulans.

Suzuki APV Arena sendiri sudah mengaspal di Indonesia sejak 2004 dengan status awal sebagai mobil impor utuh alias completely build up (CBU) yang didatangkan langsung dari Jepang. Tapi, tak lama berselang APV kemudian dirakit secara lokal oleh Suzuki Indonesia, sampai saat ini. APV Arena terakhir kali mendapatkan penyegaran tampang pada 2016.

Baca juga: Pemilik Mobil Wajib Punya Garasi, atau Didenda Rp 2 Juta

Menilik dapur pacunya, APV Arena dibekali dengan mesin berlabel G15A 4 silinder, berkapasitas 1.495 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 93,2 hp pada 6.000 rpm dan torsinya mencapai 126 Nm pada 3.000 rpm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suzuki APVSUZUKI.co.id Suzuki APV

Mesin ini menenggak bensin sebagai bahan bakarnya. APV pun sudah disematkan sistem suplai Multi-Point Injection sehingga konsumsi bahan bakarnya diklaim irit tanpa mengorbankan performa mesin.

Dari luar, mobil MPV boxy ini memiliki bodi yang cukup bongsor. Secara detail, APV Arena memiliki dimensi panjang 4.155 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.855 mm, dan jarak poros roda atau wheelbase 2.625 mm.

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell dan Vivo, Pertamax Turbo Turun

Lantas untuk ground clearance alias jarak dengan permukaan jalan adalah 175 mm dan didukung sistem Air Intake. Oleh karena itu, Suzuki APV Arena bisa diandalkan melintasi genangan air saat musim hujan.

Untuk sistem keselamatannya, tidak ada fitur-fitur canggih semacam Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist, dan semacamnya. APV Arena mengandalkan fitur keselamatan pasif berupa airbag dan sabuk pengaman 3 titik dengan pengatur ketinggian.

Membahas harga, untuk on the road (OTR) Surabaya, APV Arena dibanderol pada harga Rp 169-228 juta. Sementara untuk OTR Jakarta dijual Rp 163,5-218 juta. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.