Begini Cara Aman Mengendarai Motor Lewat Jalan Rusak

Kompas.com - 09/10/2021, 12:42 WIB
Kondisi jalan berlubang di Jalan Kaligawe Raya depan RSI Sultan Agung Semarang, Minggu (28/2/2021) KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAKondisi jalan berlubang di Jalan Kaligawe Raya depan RSI Sultan Agung Semarang, Minggu (28/2/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalan raya bermacam-macam, tidak semuanya mulus. Tapi, ada juga yang permukaannya rusak, bahkan berlubang.

Sebagai pengendara sepeda motor, pastinya membutuhkan teknik dasar berkendara yang baik dan benar untuk bisa melewati kondisi jalan tersebut dengan aman.

Menurunkan kecepatan laju motor sesuai kondisi jalan yang dilalui agar tetap seimbang dan tidak tergelincir merupakan teknik dasar paling penting. Langkah tersebut harus dilakukan oleh pengendara ketika menemui jalan rusak atau berlubang.

Baca juga: Musim Hujan Banyak Jalan Berlubang, Waspada Ambles Tiba-tiba

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ludhy Kusuma Robby, mengatakan, tidak hanya menurunkan kecepatan laju sepeda motor saja, tapi ada beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan ketika melalui jalanan rusak.

Driver gojek saat memberi tanda jalan berlubang di Jember agar pengendara terhindar dari kecelakaan Kompas.com/istimewa Driver gojek saat memberi tanda jalan berlubang di Jember agar pengendara terhindar dari kecelakaan

"Pastikan ketika melewati jalanan tersebut pengendara harus berada dalam keadaan kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan," ujar Ludhy, dalam keterangan resminya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ludhy menambahkan, tujuannya untuk mengurangi guncangan yang diterima oleh motor dan badan pengendara. Jika guncangan yang diterima terlalu besar, kemungkinan seorang pengendara mengalami kecelakaan semakin besar.

Baca juga: Akibat Jalan Berlubang, Puluhan Mobil Alami Kerusakan Ban di Tol Japek

Apabila kecepatan sudah sesuai dan guncangan pada motor tidak berbahaya, penglihatan juga harus fokus pada arah tujuan kita ketika berkendara. Kemudian, pastikan kendali setang lebih kuat agar motor bisa terkendali dengan baik ketika melewati jalan yang rusak.

Pengendara melintasi jalan berlubang di Grand Depok City (GDC) Grand Depok City, Depok, Jawa Barat, Rabu, (11/12/2019). Beberapa jalan sepanjang GDC masih berlubang dan bergelombang.KOMPAS.com/M ZAENUDDIN Pengendara melintasi jalan berlubang di Grand Depok City (GDC) Grand Depok City, Depok, Jawa Barat, Rabu, (11/12/2019). Beberapa jalan sepanjang GDC masih berlubang dan bergelombang.

“Jangan sampai lepas kendali, karena akan menjadi lebih sulit mengontrol dan guncangan yang diterima oleh tangan kita juga akan lebih kuat,” kata Ludhy.

Ketika berada di kecepatan rendah, menurut Ludhy, melewati kondisi jalan yang rusak tidak disarankan untuk menggunakan rem depan. Sebaiknya, andalkan rem belakang.

"Penggunaan rem belakang ini akan mengurangi resiko low slide atau tergelincir ketika sedang bermanuver di jalan berbatu atau berpasir," ujar Ludhy.

Seorang pengendara motor sedang melintas di antara pot tanaman milik warga yang diletakkan dijalan yang rusak Jumat (19/1/2017) Koleksi Pribadi Romdan Rizal Seorang pengendara motor sedang melintas di antara pot tanaman milik warga yang diletakkan dijalan yang rusak Jumat (19/1/2017)

Selain itu, gunakan selalu kecepatan yang rendah dalam keadaan jalan seperti ini dan selalu melihat speedometer untuk menjaga kecepatan kendaraan agar tetap dalam batas kecepatan wajar.

”Jangan lupa untuk selalu menggunakan riding gear yang aman dan nyaman agar mengurangi resiko cedera ketika mengalami kecelakaan. Sebelum kita berkendara, pastikan bahwa kita menggunakan selalu helm, jaket, dan masker saat berkendara untuk selalu cari aman,” kata Ludhy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.