Apa Kelebihan Pakai Sasis Bus Tronton di Mata Penumpang?

Kompas.com - 06/10/2021, 10:42 WIB
Bus AKAP PO Sempati Star BISSUMATERA/AWANSANBLOGBus AKAP PO Sempati Star

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Indonesia saat ini semakin modern. Pilihan bodinya pun beragam, mulai dari single deck sampai double deck, atau bus tingkat.

Selain itu, infrastruktur jalanan yang semakin baik membuat operator bus menggunakan sasis-sasis premium. Salah satu sasis yang kini banyak ditemui di jalanan adalah sasis tronton atau triple axle dengan penggerak 6x2.

Berbeda dengan sasis bus besar biasa, triple axle punya tiga as roda. Jadi di bagian belakang, ada dua as roda, salah satunya sebagai penggerak dan yang paling belakang ikut berbelok saat kemudi diputar atau biasa desebut rear steering.

Baca juga: PO Haryanto Rilis Bus dari Karoseri Laksana

Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga JayaDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya

Sasis tronton ini juga bisa dipasang ke bodi yang besar, misalnya seperti bodi bus tingkat, Ultra High Decker (UHD), sampai Super High Deck (SHD). Lalu apa saja kelebihan lain dari sasis tronton di mata penumpang?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, kalau untuk sisi penumpang, ada tiga kelebihan yang dirasakan ketika naik bus dengan sasis tronton.

“Pertama lebih nyaman, lalu minim limbung, dan pasti terasa lebih prestise dibanding naik bus lainnya,” ucap Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: PPKM Diperpanjang Lagi, Bagaimana Aturan dan Syarat Perjalanan Darat?

Faktor kenyamanan penumpang bisa dirasakan karena suspensinya yang sudah memakai model udara (air suspension). Ketika suspensi udara bertemu dengan jalan yang mulus, maka penumpang semakin nyaman menempuh perjalanan berjam-jam.

“Kedua, walaupun bisa dipasang bodi super tinggi bahkan tingkat, manuver bus terasa minim limbung. Terbantu dengan sumbu rodanya yang ada tiga tadi,” kata Dimas.

Bus AKAP baru PO Bintang Utara Putrainstagram/karoseritentrem Bus AKAP baru PO Bintang Utara Putra

Ketiga, terasa lebih prestise karena di Indonesia, baru Scania, Mercedes Benz, Volvo dan MAN yang memiliki lini produk sasis tronton. Kemudian dari harga sasisnya juga fantastis, bisa di atas Rp 2 miliar.

“Kekurangannya paling dari harga sasisnya yang mahal. Lalu bisa berpengaruh juga dengan harga tiketnya karena biasanya sasis tronton kelas layanannya lebih tinggi daripada yang biasa,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.