Catat, Ini Biaya Resmi Bikin SIM C per Oktober 2021

Kompas.com - 05/10/2021, 12:22 WIB
Salah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik. KOMPAS.com / HamzahSalah seorang pemohon SIM tengah belajar, sebelum mengikuti ujian praktek SIM di Satlantas Polres Gresik.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor merupakan tindakan berisiko. Karena itu kini Surat Izin Mengemudi (SIM) C motor digolongkan berdasarkan kapasitas mesin.

Hal ini perlu karena pengendara motor perlu keahlian khusus untuk mengendalikan motor besar. Sedangkan SIM merupakan tanda pemiliknya kompeten membawa kendaraan bermotor.

Saat ini SIM C digolongkan jadi tiga yaitu SIM C untuk motor sampai 250 cc, SIM CI untuk 250 cc ke atas sampai 500 cc, dan SIM CII untuk motor dengan isi silinder di atas 500 cc.

Baca juga: Momen Miller Biarkan Bagnaia Lewat pada MotoGP Amerika

Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)Kompas.com/Oik Yusuf Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)

Mengenai tarif pembuatan baik SIM C, CI, dan CII, Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Yusuf mengungkapkan bahwa tidak ada perbedaan tarif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk biaya pembuatan SIM C, CI, dan CII tetap sama," kata Yusuf pada Agustus lalu dikutip dari Kompas.com.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak, ketiga golongan SIM C dikenakan biaya pembuatan sebesar Rp 100.000.

Lantas untuk biaya perpanjangan masa berlaku sebesar Rp 75.000. Selain itu ada biaya tambahan seperti asuransi dan pemeriksaan kesehatan sehingga total lebih dari Rp 100.000.

Baca juga: Biaya Perawatan Mini Cooper 5-Door 70.000 Km, Tembus Rp 10 juta

Kartu RFID yang digunakan untuk pengujian SIM MotorDok. Satpas SIM Daan Mogot Kartu RFID yang digunakan untuk pengujian SIM Motor

Menurut Pasal 8 Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021, setiap golongan SIM memiliki usia minimal yang berbeda. Untuk SIM C 17 tahun, SIM CI 18 tahun, dan SIM CII 19 tahun.

Adapun persyaratan pembuatan SIM C adalah sebagai berikut:

- Sehat jasmani dan rohani
- Memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk)
- Mengisi formulir permohonan tertulis atau mendaftar secara online pada situs resmi Polri
- Memiliki pengetahuan seputar peraturan-peraturan lalu lintas serta teknik dasar untuk mengendarai kendaraan motor
- Bisa membaca dan menulis
- Lulus tes ujian teori dan praktek sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.