Ganjil Genap di Depok Belum Berlaku Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 02/10/2021, 08:22 WIB
Arus lalu lintas tersendat di Jalan Margonda, Depok, Kamis (11/4/2019). KOMPAS.com/CYNTHIA LOVAArus lalu lintas tersendat di Jalan Margonda, Depok, Kamis (11/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil genap nomor polisi di kawasan Jalan Margonda Raya, Kota Depok, belum diberlakukan pada akhir pekan ini, Sabtu (2/10/2021).

Dijelaskan Kasat Lantas Polres Metro Depok AKBP Andi Indra Waspada, alasannya karena pihak Pemerintah Kota Depok beserta pihak terkait masih membutuhkan sedikit waktu untuk melakukan kajian.

"Kemarin memang ada rencana mau diuji coba (ganjil-genap) pada pekan pertama Oktober 2021, namun sebelum itu ada tahapan yang harus dilalui. Jadi sekarang belum ditentukan," katanya, Jumat (1/10/2021).

Baca juga: Bermain Ponsel Sambil Berkendara Bisa Kena Denda Rp 750.000

Polisi merazia pengemudi mobil di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat dalam rangka Operasi Patuh Jaya 2020.Dok. Polres Metro Depok Polisi merazia pengemudi mobil di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat dalam rangka Operasi Patuh Jaya 2020.

Setelah semua tahapan selesai, lanjut Andi, pihak terkait akan langsung memberi informasi kepada masyarakat. Sehingga, tidak ada keluhan dari warga dan tepat sasaran.

Ia pun mengatakan bila warga tidak perlu khawatir dengan kebijakan sistem ganjil genap. Sebab, jika nanti diterapkan tujuannya untuk mengurangi beban kendaraan di ruas Margonda sehingga tidak terjadi kemacetan maupun kerumunan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun rencana awal penerapan pembatasan mobilitas ini, berlaku mulai pukul 10.00 WIB - 20.00 WIB tiap akhir pekan atau Sabtu dan Minggu. Nantinya, pada ruas pembatas (sebelum masuk kawasan Margonda dari Jakarta) akan ada rambu pemberitahuan.

Baca juga: Mengenal Penyakit pada Mobil Lewat Asap Knalpot

Lampu Lalu lintas pelican crossing di Jalan Margonda, Depok, Rabu (10/4/2019).KOMPAS.com/CYNTHIA LOVA Lampu Lalu lintas pelican crossing di Jalan Margonda, Depok, Rabu (10/4/2019).

"Kita sediakan jalur alternatif. Yang baru akan digunakan nanti segmen 2 dan 3 yaitu di dari Jalan Margonda sampai Jalan Juanda,” ungkapnya.

Sistem ganjil genap ini hanya berlaku bagi kendaraan roda empat agar tidak buat beban terhadap segmen lajur lainnya. Bagi warga yang tinggal di ruas terkait, tak akan ditindak atau diperbolehkan melintas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.