Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Motor Saat Hujan, Jangan Sepelekan Hal Ini

Kompas.com - 01/10/2021, 19:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim hujan mulai datang di berbagai kota di Indonesia. Memang saat siang terlihat panas, namun ketika menjelang malam atau dari sore, hujan sering turun.

Namun ada saja kebiasaan yang sering disepelekan para pengendara motor ketika hujan-hujanan. Misalnya melepas sepatu dan menggantinya dengan sendal, dan memakai jas hujan ponco.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, selain itu ada juga kebiasaan berteduh di tempat yang tidak aman dan membuat kemacetan. Padahal ada berbagai bahaya dai menyepelekan hal tadi.

Baca juga: Ada Aturan Baru Ganjil Genap di Bandung Mulai Hari Ini

Naik motor pakai payungHumor Poin Naik motor pakai payung

“Ketika hujan, kaki merupakan bagian penting untuk mengoperasikan rem belakang dan gigi. Waktu hujan juga footstep jadi lebih licin, sehingga harus dilindungi agar tetap aman ketika berkendara,” ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain itu, sepatu dapat mengurangi luka yang cukup fatal jika terjadi kecelakaan. Sementara kalau memakai jas hujan ponco dan menutup lampu depan, mikanya bisa melelh karena sinar lampunya tertahan jas hujan.

“Model jas hujan sangat tidak disarankan, padahal penggunaannya bisa berakibat fatal saat berkendara,” kata Agus.

Baca juga: Alex Marquez Buka Rahasia, Masalah Sebenarnya Honda Musim Ini

Kemudian soal pengendara motor yang berteduh di tempat sembarangan, ternyata bisa berpotensi kecelakaan. Agus mengatakan, mobil yang melintas di jalan raya tidak semuanya beretika dengan baik, ada saja yang sengaja menabrak atau hilang kendali.

“Sebaiknya cari ruko yang ada parkirannya agar lebih nyaman dan aman untuk berteduh atau untuk sekadar memakai jas hujan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com