Luhut Tantang Wuling Pasarkan Mobil Listrik di Indonesia Tahun Depan

Kompas.com - 02/10/2021, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan menantang produsen mobil asal China, Wuling, untuk segera memasarkan mobil listrik di dalam negeri tahun depan.

Dorongan tersebut guna merealisasikan rencana pemerintah untuk mempercepat program elektrifikasi kendaraan bermotor di Indonesia, sebagaimana telah tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.

"Kalau bisa dipasarkan secepatnya, akhir 2022 agar masyarakat juga bisa beralih ke mobil listrik lebih cepat," kata Luhut dalam keterangan tertulis, Jumat (1/10/2021).

Baca juga: Honda Janji Luncurkan Motor Baru Sebelum Akhir Tahun

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar PanjaitanWuling Motors Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan

Adapun pesan Luhut ini disampaikannya secara langsung saat mengunjungi pabrik PT SGMW (Wuling Motor Indonesia) di Karawang, Jawa Barat untuk mengetahui perkembangan produksi mobil listriknya.

Kala itu, ia didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Ayodhia Kalake, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Septian Hario Seto, serta Penasehat Khusus Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Jona Widhagdo Putri.

Dalam kesempatan sama, Wuling juga memamerkan kelebihan mobil listrik mereka, Wuling E100 dan Wuling Mini EV (Hongguang). Beberapa diantaranya, konektivitas 5G, platform GSEV yang bisa digunakan untuk logistik tanpa pengemudi (otonom), sampai komputasi awan.

Namun, tidak ada pernyataan lebih jauh terkait target yang diberikan oleh Luhut itu.

Baca juga: Luhut Ajak Wuling Bangun Ekosistem Mobil Listrik di Indonesia

Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar PanjaitanWuling Motors Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan

"Kami serius untuk membawa teknologi dan berinvestasi dalam jangka panjang di Indonesia dalam rangka memasuki era elektrifikasi kendaraan. Tentunya, Wuling juga membutuhkan dukungan pemerintah untuk itu," kata President Director Wuling Motors, Shi Guoyong.

“Realisasi investasi Wuling di Indonesia dimulai dari pembangunan fasilitas untuk produksi dan supplier park dengan standar kualitas global. Kemudian, hingga kini kami telah menghadirkan lini produk berkualitas di pasar Indonesia, bahkan telah menjadi komoditas ekspor," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.