Joan Mir Mau Duluan Pakai Sasis Baru di Sisa Balapan MotoGP 2021

Kompas.com - 24/09/2021, 08:42 WIB
Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, finis ketiga pada MotoGP Italia 2021 di Sirkuit Mugello, Minggu (30/5/2021). AFP/TIZIANA FABIPebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, finis ketiga pada MotoGP Italia 2021 di Sirkuit Mugello, Minggu (30/5/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir, mengungkapkan kemungkinan dirinya menggunakan sasis baru motor GSX-RR Suzuki 2022 di sisa putaran musim MotoGP 2021.

Mir beranggapan, bahwa sasis terbaru Suzuki lebih menjanjikan ketimbang sasis yang dipakai pada saat ini. Hal ini lantaran ia merasa puas dengan perfoma sasi barunya pada saat tes Misano digelar Selasa (21/9/2021), dan Rabu (22/9/2021).

Pebalap asal Spanyol itu pun mengaku tidak sabar lagi untuk memakainya di sisa balapan MotoGP 2021.

Baca juga: Aleix Espargaro Jadi yang Tercepat pada Tes Hari Terakhir Misano

"Saya senang karena kami mencoba mesin tahun 2022 pada hari pertama, sedangkan pada hari kedua, kami menjajal sasis baru, yang bisa saja berguna untuk balapan-balapan terakhir pada musim ini seiring dengan perasaan yang saya dapat dengan sasis itu sangat positif," ujar Mir, dikutip dari Crash, Kamis (23/9/2021).

Dalam regulasi MotoGP, ubahan pemakaian sasis motor saat musim balapan sedang berjalan tidak dilarang, asalkan cocok dengan mesin yang digunakan saat ini. Artinya, pebalap berusia 24 tahun itu bisa saja memakai sasis Suzuki baru.

Joan Mir saat sesi latihan bebas di MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Joan Mir saat sesi latihan bebas di MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tentu saja kami belum bisa menggunakan mesin 2022, tetapi sasis adalah sesuatu yang (mungkin) akan kami gunakan di balapan berikutnya,” ucap Mir.

Baca juga: Ini Kata Valentino Rossi Soal Peluang Jadi Test Rider

“Arah yang ditampilkan sasis baru ini cukup bagus, sepertinya penghentiannya (under braking) lebih baik. Meski ada juga beberapa hal negatif, biasanya ketika Anda mendapatkan sesuatu seperti ini, Anda kehilangan sedikit kelincahan atau semacamnya” lanjutnya.

Kendati demikian, Joan Mir enggan terburu-buru untuk mengambil keputusan, sebab menurutnya sasis terbaru itu masih perlu waktu dan melewati tahap uji coba selanjutnya sebelum MotoGP 2022 digelar, agar bisa tampil sempurna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.