Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Borlindo Rilis Lagi 2 Unit Bus Baru dari Karoseri Tentrem

Kompas.com - 23/09/2021, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPO Borlindo belum lama ini merilis kembali dua unit bus terbarunya dari karoseri Tentrem. Sebelumnya di bulan Juli 2021, satu unit sudah berangkat duluan ke Sulawesi.

Bodi yang digunakan pun sama dengan rilisan sebelumnya, Avante H9 yang dipasang ke sasis Mercedes Benz. Unit ini sudah dipasang suspensi udara serta beberapa komponen yang dimodifikasi sesuai permintaan dari Borlindo.

Misalnya ada tameng besi di bagian atas kaca yang ukurannya kecil. Sedangkan biasanya jika melihat bus-bus sumatera yang pakai tameng besi, ukurannya besar dan menutupi kaca.

Baca juga: Ini Syarat Perpanjangan STNK Lima Tahunan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tentrem Karoseri Official (@karoseritentrem)

 

“Fungsinya lebih untuk menjaga kaca dari pohon saja,” kata Dimas Raditya, Sales Staff karoseri Tentrem kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Perbedaan lainnya ada di bagian samping, di mana kaca yang digunakan lebih kecil dibanding biasanya. Sehingga pilar di bagian samping ini menjadi lebih banyak, ini adalah permintaan dari PO Borlindo.

“Jumlah kaca sampingnya lebih banyak. Jadi kalau kenapa-kenapa kacanya, biaya gantinya enggak besar,” ucapnya.

Baca juga: Adu All New Honda BR-V dan Toyota Rush, Mana yang Lebih Unggul?

Kemudian ada juga kaca yang bisa dibuka di kaca samping paling depan dan belakang. Komponen ini dibuat agar jika pendingin ruangan mengalami masalah, sirkulasi udara di kabin tetap bisa berputar dengan dibukanya kaca tersebut.

Untuk kabinnya, dua bus ini memiliki susunan bangku yang berbeda. Pertama memakai susunan 1-1-1 atau biasa disebut social distancing dan satu lagi konfigurasinya 2-2. Keduanya sudah dilengkapi dengan legrest.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com