Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Belum Mau Bicara Soal Sharing Platform BR-V ke Mobilio dan Brio

Kompas.com - 22/09/2021, 10:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen otomotif asal Jepang, Honda belum mau membicarakan lebih jauh rencana sharing platform generasi kedua BR-V ke Mobilio dan Brio.

Padahal, ketiga model sebelumnya menggunakan platform serupa, yaitu Global Small Car Honda. Sharing platform merupakan strategi lumrah bagi pabrikan otomotif dunia untuk menekan biaya produksi yang semakin mahal sekaligus menekan waktu pembuatan model baru.

Tidak jarang juga dua merek otomotif berbeda saling rebadge untuk menikmati pasar bersama-sama dengan modal yang lebih murah. Alhasil mobil dapat dipasarkan dengan harga yang terjangkau juga fleksibel.

"Untuk saat ini, masih belum ada perencanaan untuk ke arah sharing platform baik ke Mobilio maupun Brio. Tapi, kita akan melakukan studinya," ujar Yoshihiko Eguchi, Product Planning and Development Senior Manager Honda R&D Asia Pacific dalam diskusi virtual, Selasa (21/9/2021).

Baca juga: Bahas Fitur dan Varian Honda BR-V Terbaru, Ada Honda Sensing

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

"Dari sana, nanti baru terjawab apakah bisa dipakai atau tidak. Jadi pada saat ini kita belum bisa menjawabnya," lanjut dia.

Dalam kesempatan sama, Eguchi juga belum bisa memastikan kehadiran atas produk baru dari Honda yang mengenakan platform sama seperti generasi ke-2 BR-V itu.

Tetapi dalam waktu dekat, Honda Indonesia menjanjikan bakal menghadirkan kejutan bagi pecintanya di dalam negeri. Salah satunya ialah produk baru yang tampak masih terselubung pada video peluncuran BR-V baru.

"Awalnya, mobil ini akan kami luncurkan di pameran GIIAS 2021. Namun, karena satu-dua hal serta respons baik dari konsumen, kami hadirkan sekarang. Tapi jangan khawatir kami akan tetap memberikan kejutan," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy.

"Bila bicara mobil yang diselubung pada video pemutaran BR-V terbaru tadi, tunggu saja tanggal mainnya," tambahnya.

Baca juga: Resmi Meluncur, Berapa Harga Honda BR-V Terbaru?

Honda BR-V generasi ke-2 Honda BR-V generasi ke-2

Diketahui, BR-V terbaru merupakan hasil pengembangan dari mobil konsep N7X dan dirancang khusus untuk pasar domestik di R&D Honda Asia Pasific yang berlokasi di Thailand.

Mobil ditawarkan dalam lima tipe, yakni S M/T, E M/T dan CVT, Prestige CVT, dan Prestige Honda Sensing.

Menurut Honda mobil baru itu dibekali dengan sejumlah teknologi modern untuk memberi kenyamanan hingga keselamatan dalam berkendara. Salah satunya, penyematan paket fitur keselamatan Honda Sensing.

Pada jantung penggeraknya dibekali mesin bensin 1.500 cc tenaga 121 ps (119 hp). Mesin ini juga disematkan pada Honda City hatchback, namun telah diatur ulang menyesuaikan karakter berkendara BR-V.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com