Ini Target Utama Operasi Patuh Maung 2021 di Banten

Kompas.com - 21/09/2021, 13:12 WIB
Operasi Patuh Maung 2021 digelar Polda Banten selama 2 pekan ke depan hingga Minggu (3/10/2021). TribunnewsOperasi Patuh Maung 2021 digelar Polda Banten selama 2 pekan ke depan hingga Minggu (3/10/2021).

SERANG, KOMPAS.com - Bersamaan dengan sejumlah daerah lainnya, Polda Banten melaksanakan Operasi Patuh Maung 2021 selama 2 pekan ke depan. Operasi ini mulai dilaksanakan sejak kemarin, Senin (20/9/2021), hingga Minggu (3/10/2021).

Selain dalam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19 di wilayah hukum Polda Banten, Operasi Patuh Maung 2021 turut menjadi upaya penegakan disiplin berlalu lintas untuk seluruh masyarakat Banten.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudi Purnomo menjelaskan target utama dalam operasi tersebut salah satunya, yakni menekan segala bentuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kluster baru Covid-19.

Tidak hanya itu, personel yang bertugas juga akan mendisiplinkan masyarakat yang tidak patuh akan protokol kesehatan.

Baca juga: Kawasan Puncak Tetapkan Ganjil Genap Permanen

"Kegiatan ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Banten dan mencegah terjadinya kerumunan masyarakat," kata Rudi dalam keterangan resminya, Senin (20/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, Operasi Patuh Maung 2021 diupayakan dapat memperlancar arus lalu lintas di Banten, serta menurunkan angka kecelakaan baik di titik kemacetan maupun lokasi rawan.

Rudi juga menyebutkan, fokus lainnya yakni penindakan beragam pelanggaran aturan lalu lintas secara kasat mata oleh petugas dan melalui teknologi tilang elektronik atau ETLE.

Baca juga: Kritik Keras Mir terhadap Marquez yang Suka Buntuti Pebalap Lain

"Pelanggaran seperti melawan arus, tidak menggunakan helm, administrasi kendaraan tidak lengkap, penggunaan handphone saat berkendara, dan pelanggaran lainnya," ujar Rudi.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Banten AKBP Hamdani menambahkan, tidak diadakan razia selama 2 pekan Operasi Patuh Maung 2021.

Meski begitu, petugas memiliki wewenang untuk langsung menindak pelanggar aturan lalu lintas yang dianggap membahayakan pengendara tersebut maupun pengguna jalan lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.