Bahaya Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan, Bisa Bikin Celaka

Kompas.com - 20/09/2021, 10:12 WIB
Ilustrasi Lampu Hazard OtomotifnetIlustrasi Lampu Hazard

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai di guyur hujan, baik dengan intesitas sedang maupun tinggi. Hal ini tentu saja membuat pengemudi kendaraan harus lebih berhati-hati.

Berkendara pada saat hujan deras tentu saja mengandung risiko yang lebih besar daripada kondisi terang. Maka dari itu kesiapan dan kewaspadaan pengemudi terhadap lingkungan berkendara harus ditingkatkan.

Baca juga: Honda BR-V Terbaru Siap Meluncur, Ada 5 Varian, Ini Bocoran Harganya

Tidak hanya itu, pengetahuan pengemudi dalam menggunakan fitur mobil juga penting. Bukan hanya untuk keselamatan diri sendiri namun juga untuk pengendara lain.

Salah satunya, yakni penggunaan fitur hazard. Menyalakan fitur lampu hazard pada saat hujan lebat ternyata memiliki beberapa risiko.

Mengemudi saat hujan perlu kewaspadaan lebih Mengemudi saat hujan perlu kewaspadaan lebih

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, kebanyakan orang yang salah kaprah mengenai penggunaan hazard pada saat mengemudi dalam keadaan hujan deras.

Baca juga: Suzuki Jimny Terbaru, Harga Mulai Rp 192 Jutaan

"Jadi dari sisi safety memang tidak diperbolehkan menyalakan hazard saat berkendara dibawah hujan atau dimana pun saat bergerak, apalagi pada saat hujan," kata Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Penggunaan lamu hazard pada saat hujan deras dikhawatirkan membuat pengemudi di belakang akan kebingungan dengan pergerakan mobil yang menyalakan hazard.

Hal ini dikarenakan pengemudi di belakang tidak mendapatkan informasi jelas apakah pengendara di depannya akan belok kanan atau kiri.

Ilustrasi Shutterstock Ilustrasi

"Kedua, Lampu berkelap-kelip dapat menyebabkan celaka, karena orang yang sudah lelah atau memang otot pupilnya sudah lemah, dapat membuat si pengemudi di belakang pusing dan bahkan bisa kehilangan kesadaran atau highway hipnotized. Bahkan bisa menabrak kendaraan yang menyalakan hazard," ucap Marcell.

Baca juga: Duduk Perkara Mobil Listrik Ricky Elson Gagal Uji Emisi, Ini Faktanya

Agar lebih aman, Marcell menyarankan untuk menggunakan rear fog lamp pada saat hujan lebat. Hal ini karena fog lamp sangat terlihat jelas, namun penggunaannya harus diarahkan ke bawah sehingga tidak menyilaukan pengemudi di belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.