Deretan Pebalap MotoGP yang Berstatus Juara Dunia Moto2

Kompas.com - 20/09/2021, 15:01 WIB
Enea Bastianini saat jadi juara dunia Moto2 2020. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP) PATRICIA DE MELO MOREIRAEnea Bastianini saat jadi juara dunia Moto2 2020. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi jalannya bagi pebalap Moto2 untuk naik kelas ke MotoGP. Apalagi, jika pebalap tersebut menyandang gelar juara dunia Moto2.

Namun, dari 24 pebalap MotoGP yang ada sekarang, hanya sepertiganya yang memiliki gelar juara dunia Moto2. Sebagian lainnya adalah pebalap Moto2 yang tidak menjadi juara, pebalap senior yang masih merasakan kelas 250 cc, atau berasal dari kejuaraan balap lainnya.

Baca juga: Hasil Klasemen Sementara Moto2 2021, Remy Gardner Tetap di Puncak

Untuk diketahui, Moto2 merupakan kelas menengah yang digelar sejak 2010. Moto2 menggantikan kelas sebelumnya, yakni 250 cc. Motor yang digunakan adalah 4-tak dan memiliki kapasitas mesin 600 cc.

Berikut ini deretan pebalap MotoGP yang berstatus juara dunia Moto2:

Stefan Bradl - 2011

Stefan Bradl saat menjadi juara dunia Moto2 2011.  AFP PHOTO / JAVIER SORIANO (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Stefan Bradl saat menjadi juara dunia Moto2 2011. AFP PHOTO / JAVIER SORIANO (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Musim ini, Bradl memang tidak menjadi pebalap reguler. Namun, dia sering mendapatkan wildcard dari Honda untuk ikut balapan. Bradl sendiri adalah test rider untuk Honda. Pebalap asal Jerman ini mendapatkan gelar juara dunia Moto2 2011.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Marc Marquez - 2012

Marc Marquez saat menjadi juara dunia Moto2 2012.  AFP PHOTO / JOSE JORDAN (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Marc Marquez saat menjadi juara dunia Moto2 2012. AFP PHOTO / JOSE JORDAN (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Marquez mendapat gelar juara dunia Moto2 2012 pada musim keduanya. Setelah menjadi juara dunia, Marquez pun ditarik ke MotoGP oleh Repsol Honda dan langsung mendapat gelar juara dunia MotoGP pada musim pertamanya.

Pol Espargaro - 2013

Pol Espargaro saat menjadi juara dunia Moto2 2013.  AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA (Photo by TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)TOSHIFUMI KITAMURA Pol Espargaro saat menjadi juara dunia Moto2 2013. AFP PHOTO / TOSHIFUMI KITAMURA (Photo by TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)

Pol merupakan salah satu rival terdekat Marquez saat berada di Moto2. Saat Marquez menjadi juara dunia, Pol yang jadi runner up. Ketika Marquez naik ke MotoGP, Pol langsung meraih gelar juara dunia Moto2. Pol langsung ditarik ke MotoGP oleh tim satelit Monster Yamaha Tech3.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.