Pembaruan Terios, Pakai Eco Idle System, VSC dan HSA

Kompas.com - 17/09/2021, 14:58 WIB
Ilustrasi Daihatsu Terios Dok. ADMIlustrasi Daihatsu Terios
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam upaya mewujudkan kendaraan yang nyaman dan cocok untuk digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan penyempurnaan minor terhadap model Terios, Jumat (17/9/2021).

Sedikitnya terdapat tiga fitur baru yang diberikan, yaitu Eco Idle System, VSC (Vehicle Stability Control), dan HSA (Hill Start Assist). Sehingga, sport utility vehicle (SUV) berharga terjangkau tersebut semakin cocok digunakan di berbagai medan jalan.

"Eco Idle System ialah sebuah teknologi yang dapat mematikan mesin secara otomatis ketika mobil berhenti beberapa saat. Tujuannya, untuk meningkatkan fuel consumption," kata Yasuo Sahasi, Head Test & Validation Division Research and Development PT ADM.

Baca juga: Ganjil Genap di Kawasan Wisata DKI Jakarta Berlaku, Simak Titiknya

Terios Eco Idle System Terios Eco Idle System

Berdasarkan pengetesan pribadinya, penambahan itu bisa menekan konsumsi BBM sebesar 5-10 persen dibandingkan sebelumnya. Jadi, pengendara tidak perlu lagi khawatir saat bermacet-macetan.

Adapun syarat pengaktifan fitur terkait, laju mobil harus 0 kpj dengan posisi tuas transmisi di D (drive) dan rem diinjak. Pada kontur jalan menanjak, dibatasi yaitu maksimum 5 derajat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Fitur Eco Idle System sudah kita uji selama satu tahun di Jepang maupun di Indonesia," kata Yasuo.

"Selain itu, Terios terkini juga ada safety features yaitu VSC dan HSA untuk menambah keamanan dan kenyamanan pengemudi," lanjut dia.

Baca juga: Alasan Utama Terowongan dan Jembatan Pakai Marka Garis Tidak Putus

Harga Terios Eco Idle System Harga Terios Eco Idle System

VSC untuk menjaga mobil tidak selip saat menikung di jalan berpasir ataupun licin. Sehingga Terios akan semakin mudah untuk dikendalikan.

Sementara HSA membuat mobil terjaga (tidak mundur) saat ditanjakkan curam. Konsumen tak perlu aktifkan parking brake, cukup di rem saja, kalau mau jalan di gas lagi.

Telah tersedia di diler, berikut harga resmi Terios dengan Eco Idle System:

Terios R Custom (MT): Rp 246,4 juta
Terios R Custom (AT): Rp 255,6 juta
Terios R (MT): Rp 234,5 juta
Terios R (AT): Rp 243,7 juta
Terios X (MT): Rp 205,1 juta
Terios X (AT): Rp 224,3 juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.