PPnBM 100 Persen Diperpanjang, Bagaimana jika Telanjur Beli Mobil Bulan Ini?

Kompas.com - 17/09/2021, 13:20 WIB
Toyota IIMS Hybrid 2021 TAMToyota IIMS Hybrid 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akhirnya memutuskan untuk memperpanjang relaksasi diskon pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) 100 persen hingga akhir 2021.

Dalam aturan sebelumnya, diskon pajak PPnBM 100 persen hanya berlaku sampai Agustus 2021, sedangkan untuk September sudah memasuki tahap diskon pajak PPnBM 25 persen.

Baca juga: Ganjil Genap Berlanjut, Ini 8 Lokasi Penyekatan di Puncak Bogor

Artinya, untuk September hingga Desember 2021, konsumen masih dapat menikmati diskon pajak PPnBM sebesar 100 persen. Ketentuan tertuang di Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 120/PMK010/2021 yang baru saja diterbitkan.

"Perpanjangan insentif dilakukan untuk menstimulasi konsumsi masyarakat kelas menengah seiring dengan perkembangan positif penanganan pandemi Covid-19 sehingga diharapkan terus dimanfaatkan," ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu, dalam keterangan tertulis, Jumat (17/9/2021).

Toyota Avanza Veloz di GIIAS 2019 Toyota Avanza Veloz di GIIAS 2019

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Febrio mengatakan, pemberian diskon 100 persen perpanjangan diskon pajak ini berlaku untuk segmen kendaraan bermotor penumpang dengan kapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc.

Sementara kendaraan bermotor penumpang 4x2 dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai dengan 2.500 cc mendapat diskon pajak sebesar 50 persen.

Baca juga: Hasil Investigasi Kecelakaan Mantan Bos Jeep Indonesia Terungkap

Sedangkan kendaraan bermotor penumpang 4x4 dengan kapasitas mesin di atas 1.500 cc sampai dengan 2.500 cc diberikan diskon pajak sebesar 25 persen.

Lantas, bagaimana dengan konsumen yang sudah telanjur membeli mobil baru dengan diskon PPnBM 25 persen pada September?

Toyota C-HR Hybrid di GIIAS 2019 Toyota C-HR Hybrid di GIIAS 2019

Dalam aturan baru tersebut juga dijelaskan, pemerintah meminta pengusaha kena pajak yang sudah melakukan pemungutan wajib mengembalikan kelebihan PPnBM atau PPN atas pembelian mobil pada September 2021 kepada konsumen.

Baca juga: Harga MG ZS Facelift Senggol Toyota Raize GR Sport

"Kelebihan PPnBM dan/atau PPN atas pembelian kendaraan bermotor pada bulan September 2021 akan dikembalikan atau refund oleh Pengusaha Kena Pajak yang melakukan pemungutan," kata Febrio.

Jadi bagi konsumen yang sudah telanjur membeli mobil baru dengan diskon PPnBM 25 persen pada awal September, pihak diler harus mengembalikan kelebihan pajak yang telah diberikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.