Perekonomian Berangsur Pulih, Industri Otomotif Siap Bangkit dari Pandemi

Kompas.com - 17/09/2021, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, memberikan dampak bagi beberapa sektor jasa dan usaha. Tidak terkecuali bagi para pabrikan otomotif.

Namun seiring berjalannya waktu, industri otomotif Indonesia mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan dari dampak virus corona tersebut.

Salah satunya PT Dharma Polimetal (Dharma Group), perusahaan manufaktur Triputra Group yang memproduksi komponen otomotif, meyakini tahun 2021 akan menjadi momen kebangkitan industri otomotif.

Baca juga: Dovi Comeback di GP Misano, Merasa Aneh Langsung Balapan

Presiden Direkur Dharma Group Irianto Santoso mengatakan, pihaknya memprediksi penetrasi perusahaan segmen kendaraan roda empat (4W) dapat meningkat.

Hal ini seiring dengan jumlah produksi Dharma Group yang dapat mengangkat penjualan 38.81 persen menjadi senilai Rp 3,08 triliun pada 2021 dari posisi tahun lalu Rp 2,21 triliun.

Menurut Irianto, peningkatan kinerja perusahaan tahun ini akan didukung oleh proyeksi positif perbaikan ekonomi, dan daya beli masyarakat setelah melewati tahun 2020 yang penuh tantangan akibat adanya pandemi Covid-19.

Selain itu, indikator lain yang mendukung optimisme tumbuhnya industri otomotif adalah data penjualan mobil Agustus 2021 sebanyak 83.319 unit, naik 25 persen MoM dan 123 persen YoY.

PT Dharma Polimetal (Dharma Group)PT Dharma Polimetal (Dharma Group) PT Dharma Polimetal (Dharma Group)

“Pandemi begitu berdampak buruk bagi kinerja perusahaan di tahun 2020. Namun, seiring dengan berjalannya program vaksinasi secara global, kami memiliki keyakinan bahwa industri otomotif, serta ekonomi global secara umum, akan kembali normal di tahun 2021,” ucap Presiden Direkur Dharma Group Irianto Santoso, Jumat (17/10/2021).

Sebagai informasi, Dharma Group merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang telah dipercaya menjadi mitra pabrikan-pabrikan otomotif di Indonesia seperti Astra Honda Motor, Astra Daihatsu Motor, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Honda Prospect Motor,Toyota Astra Motor, dan Hyundai Motor Manufacturing Indonesia.

Pabrikan otomotif lainnya adalah Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, Suzuki Motor Indonesia, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Kawasaki Motor Indonesia, Toyo Denso Indonesia, Denso Indonesia, Chemco Harapan Nusantara, Indonesia Stanley Electric, dan lainnya. 

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.