Bahas Perbedaan Bus Single Glass dan Double Glass Laksana

Kompas.com - 17/09/2021, 10:22 WIB
Bus karyawan tambang Karoseri LaksanaBus karyawan tambang

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri Laksana memiliki berbagai lini bus besar, salah satunya adalah Legacy SR2. Ketika pertama kali diluncurkan pada tahun 2016, Legacy SR2 sudah menggunakan model single glass, era di mana karoseri lain mulai masuk ke gaya double glass.

Tidak berselang lama, Laksana merilis versi double glass-nya yang disebut Legacy SR2 HD Prime dan XHD Prime. Semenjak saat itu, model SR2 yang double glass memang lebih banyak diminati dibanding yang single glass.

Namun belakangan ini, bus besar single glass kembali diminati. Salah satu penyebabnya adalah pandangan penumpang ke depan yang terhalang bando pada bus double glass, sehingga beberapa PO kembali merilis armada barunya memakai bodi single glass.

Baca juga: Muluncur 17 September, Daihatsu Terios Punya Fitur Idling Stop

Bus AKAP PO Samarinda LestariDOK. LAKSANABUS Bus AKAP PO Samarinda Lestari

Lalu apa saja perbedaan antara Legacy SR2 Single Glass dan Double Glass milik Laksana?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perbedaan paling banyak tentu ada di bagian depan. Single glass hanya punya satu kaca berukuran besar, sedangkan double glass, terdiri dari dua kaca yang disusun menumpuk dengan bando di bagian tengahnya.

Jumlah kaca yang berbeda ini juga membuat tampilan bus sedikit berbeda. Untuk single glass, bagian depan terlihat lebih tegak, sedangkan double glass, kaca atas dibuat sedikit landai, sehingga tampilannya lebih sporty.

Selain itu, di bodi single glass, pada atap bagian depan seperti ada jambul yang cukup besar. Sedangkan di double glass, lurus saja sampai bagian belakang.

Baca juga: Ganjil Genap Berlanjut, Ini 8 Lokasi Penyekatan di Puncak Bogor

Bus Sumber Alaminstagram/laksanabus Bus Sumber Alam

Perbedaan lainnya ada pada model spion tanduk yang digunakan serta selendang. Untuk tipe single glass, selendang yang digunakan masih memakai desain tahun 2016, sedangkan double glass sudah memakai model S Series yang lebih futuristik.

Namun Laksana baru saja menyegarkan varian single glass ini dan diberi nama Legacy SR2 Panorama. PO SAN menjadi yang pertama memakai bodi ini, terdapat beberapa perbedaan di bagian muka, kaca, sampai selendang S Series yang kini dipasang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.