Balik Nama Kendaraan Tanpa Faktur, Ini Caranya

Kompas.com - 17/09/2021, 07:02 WIB
faktur kendaraan bermotor yang menjadi salah satu bukti resmi jual beli kendaraan kendaraan dari diler. Ari Purnomofaktur kendaraan bermotor yang menjadi salah satu bukti resmi jual beli kendaraan kendaraan dari diler.

JAKARTA, KOMPAS.com - Faktur merupakan dokumen penting yang diberikan oleh pihak diler kepada tiap konsumen kendaraan bermotor usai melakukan pembelian pertama kali.

Tidak sembarangan, dokumen ini berisi mengenai spesifikasi kendaraan seperti nomor mesin, nomor rangka, dan juga harga jual pabrik ke diler terkait. Faktur juga berfungsi sebagai salah satu syarat saat akan melakukan mutasi.

Sehingga, diimbau kepada pembeli untuk menyimpannya dengan baik. Tetapi, dalam suatu kasus tidak jarang dokumen tersebut hilang atau saat membeli di pasar mobil bekas, penjual tidak melengkapinya.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Semut dari Mobil

Fasilitas cek fisik mobil dianggap kurang besar sehingga menimbulkan antrean panjang di Samsat Kebon Nanas, Selasa (12/12/2017)stanly Fasilitas cek fisik mobil dianggap kurang besar sehingga menimbulkan antrean panjang di Samsat Kebon Nanas, Selasa (12/12/2017)

Bila Anda mengalaminya, jangan panik karena tetap bisa melakukan balik nama kendaraan. Hanya saja memang ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, sebagaimana dikatakan Kasi Pajak Kendaraan Bermotor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Samsat Solo, Nurma Riyanti.

“Untuk mutasi dan balik nama bisa menggunakan kuitansi bermaterai Rp 6.000, kalau untuk faktur bisa minta copy faktur di bagian arsip,” katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, copy faktur sudah cukup untuk menjadi syarat mutasi atau balik nama kendaraan bermotor. Nanti, akan ada surat keterangan di mutasinya dokumen apa saja yang tidak ada.

Baca juga: Pabrikan Tidak Sarankan Ubah Klakson Truk Jadi Model Angin, Bisa Bikin Rem Blong

Paling penting, saat melakukan mutasi atau balik nama kendaraan, membawa syarat wajibnya yaitu KTP asli atas nama, BPKB asli, STNK asli, kuitansi jual beli bermaterai Rp 6.000, dan bawa kendaraan terkait untuk cek fisik.

“Untuk cabut berkas prosesnya agak lama yakni sampai satu bulan, tetapi kalau hanya ganti pemilik saja satu hari bisa selesai,” ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.