Mengemudi di Indonesia Harus Hati-hati, Banyak yang Kurang Edukasi

Kompas.com - 17/09/2021, 07:22 WIB
Motor potong jalur mobil INSTAGRAM/DASHCAMINDONESIAMotor potong jalur mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudikan mobil di Indonesia memang harus ektra hati-hati. Bahkan jika sudah menaati aturan dan tertib, kadang ada saja kelakuan pengguna jalan yang nyeleneh dan membahayakan.

Misalnya seperti video yang diunggah akun dashcam Indonesia di Instagram. Pada video tersebut, mobil perekam ingin belok ke kanan dalam posisi lajur yang benar. Namun dari arah kiri, terdapat pengendara motor yang memotong dan melakukan putar balik.

Jika tidak waspada, pengemudi tentu bisa saja menabrak pengendara motor tanpa melakukan kesalahan lajur. Apalagi datangnya motor dari blind spot pengemudi, jadi kecelakaan sangat mungkin terjadi karena mengejutkan.

Baca juga: Bertemu Pelat Nomor Dewa yang Minta Jalan, Apa yang Harus Dilakukan?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, seluruh pengemudi di Indonesia harus mengerti, di jalan raya dipenuhi orang yang kurang edukasi. Mereka tidak punya perhitungan matang saat lakukan manuver.

“Penilaian risiko mereka rendah dan tidak mengerti batasan yang dimiliki mobil. Bisa jadi karena mereka juga enggak bisa mengemudikan mobil,” kata Marcell kepada Kompas.com, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: Kalahkan Marquez, Bos Ducati Beberkan Keunggulan Desmosedici GP21

Karena ketidaktahuan tadi, wajar saja mereka asal manuver memotong di depan mobil, padahal itu bisa mencelakai dirinya. Lalu bagi pengemudi mobil, harus lebih waspada ketika ingin belok.

“Sebelum belok, lakukan safety confirmation dengan menengok ke area blind spot kita. Terus terang sering ditemukan pengendara yang seperti ini (asal memotong), karena itu perlu lakukan shoulder check (menengok),” ucap Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.