Yamaha Rilis Livery Speed Block untuk R-Series

Kompas.com - 16/09/2021, 16:21 WIB
Yamaha R-series dengan livery speed block Dok. Yamaha MotorYamaha R-series dengan livery speed block

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha sudah mengikuti balap Grand Prix selama 60 tahun sejak 1961. Untuk merayakannya, motor sport dari keluarga R-series akan diberi livery yang spesial.

Kemenangan pertama Yamaha didapat pada 1955, tepat setelah perusahaan otomotif ini berdiri. Saat itu, Yamaha berhasil menang dengan motor pertamanya, yakni YA-1.

Baca juga: Mengenal Sejarah Livery Speed Block Yamaha

Yamaha R-series dengan livery speed blockDok. Yamaha Motor Yamaha R-series dengan livery speed block

Pada 1964, Yamaha baru mulai membalap menggunakan fairing putih dengan garis merah solid dan sepatbor depan berwarna merah. Skema warna merah dan putih ini langsung membuat orang teringat akan Yamaha.

Yamaha R-series dengan livery speed blockDok. Yamaha Motor Yamaha R-series dengan livery speed block

Livery tersebut juga menjadi cikal bakal munculnya Speedblock. Pada 1973, Yamaha YZR500 (0W20) juga menampilkan bodi putih dengan garis merah, dan desainnya kemudian menjadi livery tradisional Yamaha.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada awal 1970-an, Yamaha secara aktif memperkuat tim balapnya di Amerika Serikat untuk menunjukkan keunggulan produknya. Selama periode inilah Kenny Roberts dan legenda Amerika lainnya membalap mesin dengan latar belakang kuning dengan grafis "chain block" berwarna hitam.

Baca juga: Sejarah Livery Speed Block Yamaha Berwarna Putih Merah

Yamaha R-series dengan livery speed blockDok. Yamaha Motor Yamaha R-series dengan livery speed block

Kedua livery yang berbeda ini akhirnya dipertemukan di Grand Prix kelas 500 cc pada 1978. Kenny Roberts menggunakan motor balap dengan livery speed block berwarna kuning hitam yang menjadi ciri khasnya.

Sementara rekan setimnya, Johnny Cecotto, menggunakan livery speed block berwarna putih dan merah tradisional Yamaha.

Livery speed block berwarna putih dan merah ini juga pernah digunakan oleh Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Rossi menggunakannya pada saat ulang tahun ke-50 Yamaha. Sementara Lorenzo, saat memperingati kiprah 50 tahun Yamaha balapan di Grand Prix.

Yamaha R-series dengan livery speed blockDok. Yamaha Motor Yamaha R-series dengan livery speed block

Dikutip dari Yamaha-motor.eu, Kamis (16/9/2021), untuk perayaan 60 tahun Yamaha balapan di Grand Prix, Yamaha UK menyematkan livery speed block tersebut pada YZF-R1, YZF-R7, YZF-R3, dan YZF-R125.

Livery ini dihiasi juga dengan sepatbor depan warna merah, pelek berkelir emas, dan bagian depan warna kuning yang biasa dijadikan nomor start. Selain itu, terdapat juga emblem anniversary.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.