Imbas Krisis Cip Semikonduktor, Produksi Mobil Dunia Kian Menyusut

Kompas.com - 15/09/2021, 15:01 WIB
TMMIN akan menggenjot produksi maksimal untuk Fortuner menyesuaikan permintaan yang diprediksi meningkat. KompasOtomotif-Donny AprilianandaTMMIN akan menggenjot produksi maksimal untuk Fortuner menyesuaikan permintaan yang diprediksi meningkat.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Enam merek otomotif Jepang, termasuk Toyota Motor, akan memangkas rencana produksi mobil hingga lebih dari 1 juta kendaraan pada tahun fiskal 2021.

Jika tahun lalu penurunan produksi diakibatkan Covid-19, kini imbas pandemi melebar ke berkurangnya suplai cip semikonduktor.

Dampak krisis cip makin terasa karena terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Asia Tenggara, yang merupakan basis utama pasokan semikonduktor.

Baca juga: Toyota Corolla Cross JDM meluncur, Harga Mulai Rp 250 Jutaan

Ilustrasi cip semikonduktorTHEGUARDIAN.com/Vlad Deep/Alamy Ilustrasi cip semikonduktor

Dilansir dari laporan Nikkei (15/9/2021), dampak krisis cip tak hanya dirasakan produsen mobil Jepang saja, tapi juga merek Eropa dan AS.

Toyota telah merevisi perkiraan produksi globalnya untuk tahun fiskal yang berakhir Maret 2022, kabarnya produksi mobil turun 3 persen menjadi 9 juta unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nissan Motor telah mengumumkan rencana untuk mengurangi produksi 250.000 unit, dan Honda Motor memperkirakan penjualan akan lebih rendah 150.000 kendaraan.

Baca juga: Ojek Online Dilarang Mangkal di 6 Kawasan Kota Bogor, Simak Lokasinya

Ilustrasi suku cadang dan komponen mobilKOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Ilustrasi suku cadang dan komponen mobil

Suzuki Motor juga menerima pukulan besar dengan mengurangi produksi 350.000 kendaraan, atau sekitar 10 persen dari angka tahun fiskal lalu.

Mazda Motor, Mitsubishi Motors dan Subaru juga telah mengumumkan pengurangan mereka sendiri.

Hasilnya, pengurangan gabungan untuk enam merek Jepang yang telah mencapai sekitar 1,05 juta kendaraan.

Baca juga: Mau Pakai Pelat Nomor Cantik, Catat Ini Syaratnya

Ilustrasi cip semikonduktor yang menjadi salah satu komponen otomotif,PAULTAN.org Ilustrasi cip semikonduktor yang menjadi salah satu komponen otomotif,

Sementara itu, General Motors telah menangguhkan operasi di delapan pabrik, atau 50 persen dari pabrik perakitan kendaraannya di Amerika Utara, selama satu hingga empat minggu mulai 6 September.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.