Paket Konversi Motor Listrik Kawasaki KLX 150, Harga Rp 35 Juta

Kompas.com - 15/09/2021, 13:41 WIB
Konversi motor trail ke motor listrik oleh Mandhasia Garage Dok. Aditya - Mandhasia GarageKonversi motor trail ke motor listrik oleh Mandhasia Garage

JAKARTA, KOMPAS.com - Konversi motor bensin ke motor listrik sekarang ini semakin berkembang. Tak hanya dari motor bebek atau motor sport lagi, untuk motor trail pun sudah ada.

Konversi motor listrik tersebut dibuat oleh Aditya dari Mandhasia Garage. Dia berhasil membuat Kawasaki KLX 150 jadi ramah lingkungan.

Baca juga: Sokudo, Motor Listrik Futuristik Terinspirasi Tesla Cybertruck

"Saya dulu hobi grasstrack, lama jadi joki grasstrack lokal. Sempat crash, lama vakum, mau mulai lagi, agak trauma. Awalnya, saya konversi motor grasstrack saya, sebelum KLX," ujar Aditya, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Konversi motor trail ke motor listrik oleh Mandhasia GarageDok. Aditya - Mandhasia Garage Konversi motor trail ke motor listrik oleh Mandhasia Garage

Kemudian, Aditya menambahkan, beberapa temannya meminta konversi motor listrik dari KLX dan Honda CRF 150L untuk adventure.

Aditya mengatakan, ubahannya tersebut bersifat plug n play (PnP) alias tinggal pasang. Tidak membutuhkan ubahan apapun pada bagian rangka.

Baca juga: Motor Listrik Verge TS Bisa Tembus 180 Kpj dalam 4 Detik

"Ada tiga komponen, yakni motor QS Motor 128 V3 3KW, battery lithium 72V42Ah, dan FOC controller 100A," kata Aditya.

Konversi motor trail ke motor listrik oleh Mandhasia GarageDok. Aditya - Mandhasia Garage Konversi motor trail ke motor listrik oleh Mandhasia Garage

Sisanya, tetap bisa menggunakan bawaan KLX 150. Mulai dari kaki-kaki, suspensi, hingga pengeremannya.

"Ada tiga mode berkendara, yakni Eco, Normal, dan Sport. Kalau pakai Eco, buat jalan-jalan santai bisa menempuh 65 km. Normal kisaran 50-55 km. Sedangkan Sport, tergantung pemakaian saja," ujar Aditya.

Konversi motor trail ke motor listrik oleh Mandhasia GarageDok. Aditya - Mandhasia Garage Konversi motor trail ke motor listrik oleh Mandhasia Garage

Aditya juga menjual paket konversinya tersebut seharga Rp 35 juta. Dengan harga tersebut, pembeli sudah mendapat dua charger 72v5A.

"Kalau dipakai satu charger, pengecasan bisa 8 jam dari baterai habis. Kalau dua charger, bisa 4 jam dari kosong," kata Aditya.

Aditya menambahkan, dengan Rp 35 juta sudah termasuk dengan ongkos pemasangan. Untuk pemesanan, bisa langsung cek Instagram @mandhasia_garage.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.