Alasan Dovizioso Batal Masuk Aprilia dan Pindah ke Tim Satelit Yamaha

Kompas.com - 07/09/2021, 08:42 WIB
Andrea Dovizioso saat sesi tes bersama Aprilia di Sirkuit Misano, Italia Dok. Callo AlbaneseAndrea Dovizioso saat sesi tes bersama Aprilia di Sirkuit Misano, Italia


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum Maverick Vinales resmi berlabuh ke Aprilia, Andrea Dovizioso sudah lama digadang untuk mengisi tempat kedua bersama Aleix Espargaro.

Namun, ada alasan mengapa Dovizioso akhirnya batal masuk Aprilia dan memutuskan pindah ke tim satelit Yamaha pada MotoGP 2022 alias mulai tahun depan.

Jadi, setelah keluar sementara dari MotoGP, pebalap Italia yang terakhir membalap untuk tim pabrikan Ducati itu sempat beberapa kali menyelesaikan tes dengan Aprilia.

Kini Aprilia sudah punya skuad baru, dengan duet pebalap Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Adapun pebalap penguji akan ditempati Lorenzo Savadori.

Baca juga: Lewat Turunan Curam, Ini Alasan Mobil Matik Wajib Pakai Gigi Rendah

Aleix EspargaroFoto: Motorsport-Total.com Aleix Espargaro

Aleix yang berhasil membawa Aprilia naik podium untuk pertama kali akhirnya buka suara mengenai Dovi. Menurutnya, dengan formasi saat ini, tim akan lebih maju ketimbang dengan Dovi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya tidak punya banyak hal untuk dikatakan. Saya benar-benar tidak tahu," katanya mengutip Motorsport-Total.com, Selasa (7/9/2021).

"Saya suka trio yang sekarang telah kami konfirmasi. Savadori, Vinales, dan Espargaro membentuk tim yang sangat kuat menurut saya," kata Aleix.

Pebalap Spanyol itu mengatakan, kedatangan Dovi sebagai pebalap uji memang mendatangkan sorotan ke Aprilia, tapi bukan itu yang dibutuhkan sebab tim butuh orang yang berkomitmen.

“Saya mengerti bahwa kedatangan runner-up tiga kali seperti Dovizioso menyebabkan banyak perhatian media, dan memang demikian,” katanya.

"Namun, di Aprilia saya menganggap diri saya sebagai pebalap bintang. Di Aprilia mereka menganggap saya pebalap bintang, bahkan sekarang setelah pebalap sebaik Maverick datang," katanya.

Baca juga: Bapenda Lampung Siap Rilis E-Samdes, Aplikasi untuk Bayar Pajak Kendaraan

Andrea Dovizioso saat sesi tes bersama Aprilia di Sirkuit Misano, ItaliaDok. Callo Albanese Andrea Dovizioso saat sesi tes bersama Aprilia di Sirkuit Misano, Italia

Aleix pun tegas mengatakan, keterlibatan Dovi dalam proyek pengembangan motor tidak sebaik dengan tim yang ada sekarang.

"Yang saya inginkan adalah orang-orang yang terlibat dalam proyek ini seratus persen yakin. Ini Maverick, Lorenzo itu, dan saya seribu persen. Saya tidak tahu tentang yang lain," katanya.

Dia menyinggung fakta bahwa Dovi tidak ingin menggantikan Savadori di Austria atau balapan pakai jatah wildcard, meskipun dia menerima gaji yang bagus sebagai penguji Aprilia.

Namun, itu semua sebetulnya tidak menjadi masalah lagi karena di musim depan Dovi akan berlabuh bersama Yamaha SRT.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.