Berburu Sedan Bekas Toyota Soluna dan Berapa Kisaran Harganya

Kompas.com - 07/09/2021, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai sedan andalan Toyota di pasar Asia Tenggara, Soluna awalnya akan dipasarkan di Indonesia pada 1998. Sayangnya karena krisis politik dan ekonomi, Soluna baru resmi diluncurkan pada tahun 2000.

Soluna jadi salah satu sedan andalan Toyota pada periode tahun 2000-an awal dan pengisi segmen yang ditinggalkan Corolla setelah naik kelas. Penjualan kala itu juga ditopang segmen fleet, karena Soluna sempat dijadikan andalan perusahaan taksi di Indonesia.

Toyota menawarkan 3 pilihan tipe untuk Soluna, yakni XLi M/T, GLi M/T, dan GLi A/T. Ketiganya sama-sama dibekali dengan dapur pacu berupa mesin DOHC 4 silinder segaris 16 katup berkode 5A-FE. Mesin ini memiliki kubikasi 1.500 cc.

Lantas untuk sistem transmisinya, Soluna mendapatkan 2 pilihan, yakni transmisi manual 5 tingkat percepatan dan matik 4 tingkat percepatan.

Baca juga: Daftar Harga Suzuki Katana Bekas, Mulai Rp 40 Jutaan

Soluna mulai berhenti diproduksi di Indonesia pada tahun 2003. Untuk mengisi segmen mobil sedan, Toyota mengandalkan Vios sebagai penggantinya.

Toyota Soluna jadi salah satu sedan bekas yang bisa dimiliki konsumen dengan harga yang terjangkau. Toyota Soluna jadi salah satu sedan bekas yang bisa dimiliki konsumen dengan harga yang terjangkau.

Bagi yang ingin memelihara Soluna, tentu satu-satunya cara adalah dengan berburu unit bekasnya. Di sejumlah bursa mobil bekas di Ibukota, beberapa unit Soluna bekas masih mudah untuk ditemukan.

Dari pantauan Redaksi Kompas.com di beberapa bursa mobil bekas daring, Senin (6/9/2021), Toyota Soluna umumnya dibanderol pada kisaran harga Rp 30-60 jutaan, tergantung beberapa faktor.

Baca juga: Cara Melewati Tanjakan Pakai Mobil Transmisi Matik, Jangan Lupa Pindah Gigi

Interior sedan bekas Toyota Soluna 2000. Interior sedan bekas Toyota Soluna 2000.

Misalnya seperti kondisi unit baik pada bagian bodi, mesin, kelistrikan, hingga kaki-kaki. Selain itu kelengkapan surat kepemilikan dan status pajak juga turut mempengaruhi harga jual sedan ini.

Oleh karena itu diperlukan ketelitian dalam mengecek Soluna bekas yang diincar. Jangan sampai mengeluarkan biaya tambahan yang tidak sedikit untuk melakukan perbaikan pada bagian-bagian vital.

Sebagai referensi, berikut kisaran harga Toyota Soluna di sejumlah bursa mobil bekas di Ibu Kota awal September 2021.

  • Soluna GLi A/T tahun 2000 harga Rp 63 juta
  • Soluna GLi M/T tahun 2001 harga Rp 57,5 juta
  • Soluna GLi M/T tahun 2002 harga Rp 53 juta
  • Soluna GLi M/T tahun 2002 harga Rp 49 juta
  • Soluna XLi M/T tahun 2000 harga Rp 45 juta
  • Soluna XLi M/T tahun 2000 harga Rp 38 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.