Pabrik Hyundai di Cikarang Beroperasi Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 03/09/2021, 14:01 WIB
Hyundai Kona Electric 2021. SUV elektrik ini menawarkan pembaruan dibanding model sebelumnya. Kompas.com/Setyo AdiHyundai Kona Electric 2021. SUV elektrik ini menawarkan pembaruan dibanding model sebelumnya.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memastikan bahwa pembangunan dan produksi awal pabrik di wilayah Cikarang, Bekasi, Jawa Barat akan rampung pada akhir tahun ini.

Perseroan mengklaim, proses pembangunan pabrik di luas lahan 77 hektar itu sudah mencapai 95 persen. Adapun tim terkait sudah mulai mempersiapkan semuanya.

"Akhir tahun ini sudah ada rencana start production. Sekarang sudah mulai trial semuanya," ucap Chief Operating Officer HMID Makmur saat ditemui, Kamis (3/9/2021).

Baca juga: Bahas Seberapa Spesial Spesifikasi Aspal Sirkuit Mandalika

Ilustrasi Hyundai IoniqKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi Hyundai Ioniq

Lantas, produk apa yang bakal diproduksi oleh Hyundai di Indonesia? Terkiat hal tersebut, Makmur masih enggan untuk mengungkapkannya. Tapi pastinya akan tepat dengan sasaran pasar di dalam negeri.

Sebab, sebelum diputuskan untuk diproduksi produk terkait harus melalui berbagai proses mulai dari studi pasar, kuantitas dan kemampuan pabrik, hingga kebijakan pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dalam memproduksi suatu tipe kendaraan, ada analisanya berapa minimum quantity yang dibutuhkan di suatu pabrik dan sebagainya. Sebab, tiap produk berbeda-beda," kata GM Marketing Department PT HMID Astrid A Wijaya.

"Di samping itu, kita juga melihat potensi ekspor karena pabrik dan kantor yang ada di sini ditunjukkan sebagai basis untuk ekspor juga. Jadi, model atau tipe kendaraannya benar-benar harus dipikirkan matang," tambah Makmur.

Baca juga: Kena Krisis, Bangun Pabrik Cip Semikonduktor Butuh 1 Miliar Dollar AS

Media test drive Hyundai New Santa FeDok. HMID Media test drive Hyundai New Santa Fe

Tidak sampai di sana, perseroan juga harus memperhatikan pasokkan untuk komponen yang diperlukan dalam proses produksi mobil. Apakah sudah bisa atau tersedia atau tidak.

Sehingga, ke depan kegiatan produksi tidak mudah terhambat dan terganggu oleh hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat ini, HMID sudah memasarkan tujuh model kendaraan untuk pasar dalam negeri yaitu, Hyundai Santa Fe, Hyundai Kona, Hyundai Kona EV, Hyundai Ioniq, Hyundai H-1, Hyundai Palisade, dan Hyundai Staria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.