Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pabrik Hyundai di Cikarang Beroperasi Akhir Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memastikan bahwa pembangunan dan produksi awal pabrik di wilayah Cikarang, Bekasi, Jawa Barat akan rampung pada akhir tahun ini.

Perseroan mengklaim, proses pembangunan pabrik di luas lahan 77 hektar itu sudah mencapai 95 persen. Adapun tim terkait sudah mulai mempersiapkan semuanya.

"Akhir tahun ini sudah ada rencana start production. Sekarang sudah mulai trial semuanya," ucap Chief Operating Officer HMID Makmur saat ditemui, Kamis (3/9/2021).

Lantas, produk apa yang bakal diproduksi oleh Hyundai di Indonesia? Terkiat hal tersebut, Makmur masih enggan untuk mengungkapkannya. Tapi pastinya akan tepat dengan sasaran pasar di dalam negeri.

Sebab, sebelum diputuskan untuk diproduksi produk terkait harus melalui berbagai proses mulai dari studi pasar, kuantitas dan kemampuan pabrik, hingga kebijakan pemerintah.

"Dalam memproduksi suatu tipe kendaraan, ada analisanya berapa minimum quantity yang dibutuhkan di suatu pabrik dan sebagainya. Sebab, tiap produk berbeda-beda," kata GM Marketing Department PT HMID Astrid A Wijaya.

"Di samping itu, kita juga melihat potensi ekspor karena pabrik dan kantor yang ada di sini ditunjukkan sebagai basis untuk ekspor juga. Jadi, model atau tipe kendaraannya benar-benar harus dipikirkan matang," tambah Makmur.

Tidak sampai di sana, perseroan juga harus memperhatikan pasokkan untuk komponen yang diperlukan dalam proses produksi mobil. Apakah sudah bisa atau tersedia atau tidak.

Sehingga, ke depan kegiatan produksi tidak mudah terhambat dan terganggu oleh hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat ini, HMID sudah memasarkan tujuh model kendaraan untuk pasar dalam negeri yaitu, Hyundai Santa Fe, Hyundai Kona, Hyundai Kona EV, Hyundai Ioniq, Hyundai H-1, Hyundai Palisade, dan Hyundai Staria.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/03/140100215/pabrik-hyundai-di-cikarang-beroperasi-akhir-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke