Penjualan Produk Elektrik Toyota Kian Membaik

Kompas.com - 02/09/2021, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota merupakan salah satu merek kendaraan yang sering terlihat di jalanan. Bahkan saat ini, berdasarkan data wholesales dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Toyota menguasai lebih dari 30 persen market share.

Selain kendaraan konvensional yang memakai mesin pembakaran dalam, Toyota juga mulai menghadirkan berbagai produk kendaraan elektrik. Mulai dari Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Hybrid Electric Vehicle (HEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Direktur Penjualan PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, sejak 2009, Toyota sudah memperkenalkan produk kendaraan elektrik.

Sekarang, lebih dari 12 tahun, Toyota sudah menjual sekitar 4.700 unit kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga: Bocoran Gaji Dovizioso di Yamaha

Toyota Prius PHEVDOK. TOYOTA INDONESIA Toyota Prius PHEV

“Volume penjualan terus berkembang, sejak awal meluncurkan produk hybrid di tahun 2009, butuh empat sampai lima tahun untuk mencapai penjualan sebanyak 800-an unit,” ucap Anton dalam Workshop Wartawan Industri, Rabu (1/9/2021).

Kemudian pada periode kedua, di tahun 2014-2019 di mana pilihan produk elektrik Toyota sudah bertambah, penjualan naik ke 1.600-an unit. Saat ini, terhitung dari 2020-2021, penjualan kendaraan listrik sudah lebih banyak.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Maut Bus Sugeng Rahayu, Ini Bahaya Nyalip di Tikungan

“Yang menarik, dalam waktu dua tahun saja (2020-2021), bahkan saat pandemi kita bisa menjual di atas 2.000 unit. Jadi lebih tinggi dibandingkan penjualan selama lima tahun di periode sebelumnya,” kata Anton.

Hal ini menunjukkan kalau pangsa pasar kendaraan elektrik akan meningkat seiring waktu dan semakin cepat perkembangan volumenya. Ke depannya, Toyota juga berkomitmen untuk menyiapkan produksi mobil elektrifikasi secara CKD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.