Tips Nanjak Di Sitinjau Lauik Saat Hujan, Pilih Lajur yang Tepat

Kompas.com - 02/09/2021, 13:20 WIB
Toyota Fortuner mundur di tanjakan Sitinjau Lauik tiktok.com/@bossdoofcToyota Fortuner mundur di tanjakan Sitinjau Lauik

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah video yang diunggah akun bossdoofc di TikTok memperlihatkan dua kendaraan yang mengalami ban selip saat melibas tanjakan Sitinjau Lauik.

Dalam video tersebut terlihat perbandingan dua mobil yang kesulitan saat menanjak. Mobil pertama adalah Fortuner dengan penggerak roda belakang (RWD) dan mobil kedua adalah Xpander yang memakai penggerak roda depan (FWD).

Sebelumnya Xpander pernah diejek karena tidak bisa menanjak di Sitinjau Lauik. Jadi mobil dengan FWD terkesan tidak sanggup melibas jalanan ekstrem.

Namun dengan adanya video ini, mobil RWD pun bisa kesulitan saat melewati tanjakan yang berbelok (hairpin) seperti Sitinjau Lauik.

Baca juga: Hyundai Casper, SUV Mungil Calon Pesaing Raize dan Rocky

https://www.tiktok.com/@bossdoofc/video/7000763145853734170?lang=id-ID&is_copy_url=0&is_from_webapp=v1&sender_device=pc&sender_web_id=6974275610424509953

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menanggapi video tersebut, Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, sulitnya melewati tanjakan tersebut dikarenakan salah memilih jalur.

“Ini terjadi karena pengemudi menggunakan jalur dalam yang paling curam. Sebenarnya ini bisa diatasi dengan mengambil jalur sedikit ke kanan sehingga kemiringan jalan tidak terlalu terjal,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Kamis (2/9/2021).

Marcell menjelaskan, tanjakan hairpin seperti ini memang ada cara khusus untuk melewatinya. Jadi dengan sedikit melebar, mobil mendapatkan jalur yang lebih landai, sehingga ban tidak mudah selip.

Baca juga: Sudah Ganti Nama, Bus Sugeng Rahayu Masih Sering Kecelakaan

“Kalau kondisi jalan basah di tanjakan yang terjal seperti ini, kemungkinan selipnya besar. Tapi bisa dilihat, pikap putih yang mengambil jalur agak melebar, dengan mudahnya dia menanjak,” kata Marcell.

Kemudian bagi orang yang pertama kali melewati jalanan seperti ini, jangan sampai salah ambil jalur. Pengemudi bisa ikuti kendaraan yang ada di depannya, lalu pelajari bagaimana pergerakannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.