Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Nanjak Di Sitinjau Lauik Saat Hujan, Pilih Lajur yang Tepat

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah video yang diunggah akun bossdoofc di TikTok memperlihatkan dua kendaraan yang mengalami ban selip saat melibas tanjakan Sitinjau Lauik.

Dalam video tersebut terlihat perbandingan dua mobil yang kesulitan saat menanjak. Mobil pertama adalah Fortuner dengan penggerak roda belakang (RWD) dan mobil kedua adalah Xpander yang memakai penggerak roda depan (FWD).

Sebelumnya Xpander pernah diejek karena tidak bisa menanjak di Sitinjau Lauik. Jadi mobil dengan FWD terkesan tidak sanggup melibas jalanan ekstrem.

Namun dengan adanya video ini, mobil RWD pun bisa kesulitan saat melewati tanjakan yang berbelok (hairpin) seperti Sitinjau Lauik.

Menanggapi video tersebut, Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, sulitnya melewati tanjakan tersebut dikarenakan salah memilih jalur.

“Ini terjadi karena pengemudi menggunakan jalur dalam yang paling curam. Sebenarnya ini bisa diatasi dengan mengambil jalur sedikit ke kanan sehingga kemiringan jalan tidak terlalu terjal,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Kamis (2/9/2021).

Marcell menjelaskan, tanjakan hairpin seperti ini memang ada cara khusus untuk melewatinya. Jadi dengan sedikit melebar, mobil mendapatkan jalur yang lebih landai, sehingga ban tidak mudah selip.

“Kalau kondisi jalan basah di tanjakan yang terjal seperti ini, kemungkinan selipnya besar. Tapi bisa dilihat, pikap putih yang mengambil jalur agak melebar, dengan mudahnya dia menanjak,” kata Marcell.

Kemudian bagi orang yang pertama kali melewati jalanan seperti ini, jangan sampai salah ambil jalur. Pengemudi bisa ikuti kendaraan yang ada di depannya, lalu pelajari bagaimana pergerakannya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/02/132053115/tips-nanjak-di-sitinjau-lauik-saat-hujan-pilih-lajur-yang-tepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke