Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit Mandalika Disebut Sudah Bisa Gelar MotoGP dan WorldSBK

Kompas.com - 02/09/2021, 12:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) makin yakin dapat menggelar dua ajang balap sepeda motor kelas dunia, yaitu WorldSBK dan MotoGP.

Saat ini Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB, sudah mendapat inspeksi virtual dari Dorna Sports. Sirkuit dengan panjang 4,3 km tersebut dianggap memenuhi aspek keselamatan.

Adapun Indonesia sudah masuk jadwal menyelenggarakan WSBK dan MotoGP. Gelaran WSBK rencananya akan berlangsung akhir 2021 sedangkan MotoGP pada 2022.

Baca juga: Ini Efek Buruk jika Ban Kurang Tekanan Angin

Ricky Baheramsjah Direktur Utama MGPAFoto: Tangkapan layar konferensi virtual Ricky Baheramsjah Direktur Utama MGPA
Ricky Baheramsjah, Direktur Utama MGPA, mengatakan, umpan balik dari Dorna Sports mengenai Sirkuit Mandalika sangat baik, bukan hanya segi kualitas tapi juga lokasinya.

"Umpan balik dari mereka sangat positif, baik dari kualitas, aspek keselamatan, dan trek. Dorna sudah ke Mandalika, kunjungan di awal April 2021, kemudian mereka menunjukkan bagaimana mereka tertarik bukan hanya sirkuit saja tapi destinasi yang indah," kata Ricky dalam konferensi virtual, Rabu (1/9/2021).

Ricky mengatakan, pengakuan tersebut merupakan langkah besar buat MGPA. Sebab Sirkuit Mandalika ialah sirkuit jalan raya, karena itu aspek keselamatan merupakan hal mutlak.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Toyota Setelah PPnBM 25 Persen Berlaku

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MGPA Official #TheMandalikaGP (@themandalikagp)

 

"Buat kami ini segalanya, karena ini adalah sirkuit jalan raya," katanya.

"Konsep sirkuit jalan raya dan MotoGP. Jadi bukan hanya desain tapi juga konstruksi, sirkuit ini harus luar biasa aman untuk pebalap MotoGP. Ini sangat berarti buat kami," katanya.

Sebelumnya diberitakan pihak pengembang terus mengejar penyelesaian sirkuit. Saat ini pengerjaan trek sudah selesai 100 persen, dan sedang melengkapi beberapa fasilitas pendukung.

Selain itu penyelenggara MotoGP juga sudah menyebut bahwa Indonesia terpilih menjadi salah satu negara yang menyelenggarakan tes pramusim MotoGP pada awal 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com