Pentingnya Pahami Arti Marka Jalan

Kompas.com - 01/09/2021, 19:20 WIB
Ilustrasi sebuah marka jalan theconstructor.orgIlustrasi sebuah marka jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam berkendara, setiap pengguna jalan wajib menaati peraturan yang berlaku. Salah satunya adalah mematuhi aturan tentang marka jalan.

Sebab, akibatnya pengendara bisa mengalami kecelakaan fatal, seperti kecelakaan bus vs motor yang diunggah oleh akun Instagram @polantasindonesia.

Kejadian tersebut bermula ketika bus hendak menyalip di jalan yang memilki garis lurus tidak putus-putus, yang berarti tidak boleh mendahului kendaraan lain di depannya.

Dari arah berlawanan, terlihat truk yang berusaha menghindari bus dengan melakukan pengereman mendadak.

Sayangnya pengendara motor yang berada tepat di belakang truk tersebut tidak bisa menghindar hingga terjatuh dan tertabrak oleh bus.

Baca juga: Langgar Ganjil Genap di Jakarta Bisa Kena Denda Tilang Rp 500.000

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar terhindar dari kejadian seperti ini, sebaiknya pengguna jalan memahami arti marka jalan demi kemanan bersama.

Dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2014, marka digolongkan menjadi beberapa jenis dengan makna berbeda.

Foto udara lalu lintas kendaraan menuju Jakarta di simpang susun tomang, Jakarta, Jumat (10/4/2020).  Dalam rangka percepatan penanganan COVID-19, Pemprov DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mulai berlaku Jumat (10/4) hingga 14 hari kedepan. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pras.
ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Foto udara lalu lintas kendaraan menuju Jakarta di simpang susun tomang, Jakarta, Jumat (10/4/2020). Dalam rangka percepatan penanganan COVID-19, Pemprov DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang mulai berlaku Jumat (10/4) hingga 14 hari kedepan. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pras.

Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) Edo Rusyanto mengatakan, setidaknya ada tiga marka jalan. Yakni marka membujur, melintang dan serong.

Marka membujur adalah tanda yang sejajar dengan sumbu jalan. Marka membujur terdiri dari garis utuh, garis putus-putus, dan garis ganda; garis utuh dan garis putus-putus, serta dua garis utuh. Menurut Edo, tiap garis memiliki fungsi masing-masing.

“Anda perlu memahaminya agar tidak kebingungan saat bertemu marka jalan ini,” ucap Edo kepada Kompas.com belum lama ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.