Mengenal Crash Cushion dan Perannya Mengurangi Fatalitas Kecelakaan

Kompas.com - 01/09/2021, 15:12 WIB
Ilustrasi crash cushion pada ujung pagar pengaman jalan di Tol Solo-Ngawi. Ilustrasi crash cushion pada ujung pagar pengaman jalan di Tol Solo-Ngawi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat tengah melaju di jalan tol atau jalan arteri antar provinsi, kadang terlihat ujung pagar pengaman jalan yang dipasangi perangkat berbentuk tumpul dan diberi warna kuning terang. Perangkat ini disebut sebagai crash cushion atau peredam tumbuk.

Crash cushion memiliki peran vital dalam mengurangi fatalitas kecelakaan kendaraan yang menabrak ujung pagar pengaman jalan. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pun telah merekomendasikan penggunaan perangkat ini pada tiap ujung pagar.

Senior Investigator KNKT Ahmad Wildan menjelaskan bahwa rekomendasi penggunaan crash cushion di jalan di Indonesia berlatarbelakang peristiwa kecelakaan mobil saat Lebaran tahun 2018 di Ruas Tol Solo-Ngawi.

Baca juga: Menunggu Kehadiran Bus Baru Lorena Karina Buatan Karoseri Laksana

Mobil tersebut tertusuk end guardrail alias ujung pagar pengaman yang berbentuk seperti sirip ikan dengan ujung runcing. Kecelakaan ini mengakibatkan satu korban meninggal dunia.

Mobil tertusuk ujung pagar pengaman jalan yang belum dipasangi crash cushion Mobil tertusuk ujung pagar pengaman jalan yang belum dipasangi crash cushion

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pada saat investigasi, KNKT mencermati bentuk terminal end guardrail yang berbentuk sirip ikan dan cukup runcing untuk dapat menusuk kendaraan yang menabrak dari depan. Atas hal tersebut diterbitkanlah rekomendasi tersebut (crash cushion)," kata Wildan belum lama ini.

Beberapa ruas tol yang sudah memasang perangkat ini antara lain adalah Tol Solo-Ngawi, Tol Semarang-Solo, dan Tol Batang-Semarang. Crash cushion terbukti efektif mencegah kendaraan tertusuk ujung pagar. Sebab bentuknya dibuat tumpul melengkung.

Baca juga: Merasakan Kenyamanan Daihatsu Rocky, AC Dingin dan Suspensi Empuk

"Kemarin saya melewati tol Semarang-Batang dari arah Semarang menuju Tegal, terlihat sudah ada 2 crash cushion yg bengkok ke dalam bekas tertabrak kendaraan, dan hal ini menunjukkan fungsinya efektif karena tidak ada tiang post yang terlepas," ujar Wildan lebih lanjut.

Ia mengatakan bahaya mobil tertusuk pagar pengaman sudah bisa dihilangkan berkat perangkat tersebut. Oleh karena itu diharapkan seluruh pagar pengaman jalan baik tol maupun non-tol segera dilengkapi dengan crash cushion ini.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.