Strategi Isuzu Hadapi Kebijakan Mesin Diesel Euro4 Tahun Depan

Kompas.com - 27/08/2021, 15:01 WIB
Truk trailer Isuzu DOK. IAMITruk trailer Isuzu

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia berencana memberlakukan standar Euro4 pada mesin diesel pada April 2022. Nantinya, semua kendaraan bermesin diesel yang diproduksi di Indonesia, harus memenuhi standar Euro4.

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan kalau sudah siap menghadapi kebijakan tersebut. IAMI sudah mempersiapkan mulai dari produk, aftersales, sampai edukasi ke pelanggannya.

Attias Asril, Marketing Division Head PT IAMI mengatakan, produk Isuzu yang sudah memenuhi standar Euro4 dengan memakai sistem common rail sudah diluncurkan lebih dari 10 tahun lalu, yaitu Isuzu Giga.

Baca juga: Lampu Lalu Lintas Menyala Hijau, Jangan Main Tancap Gas

Isuzu Traga versi minibus/blindvanGridOto.com Isuzu Traga versi minibus/blindvan

Elf NMR81 yang diluncurkan tahun 2018 pun sudah menggunakan common rail. Kemudian akhir 2019 juga kita sudah melakukan ekspor Traga, menggunakan mesin yang sudah Euro4,” kata Attias dalam acara Workshop Wartawan Industri 2021, Jumat (27/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini IAMI pun menyiapkan ekosistem Isuzu di Indonesia agar siap menghadapi kebijakan tahun 2022. Untuk aftersales, mulai diler dan bengkel rekanan, sudah disiapkan program untuk mulai memberikan edukasi dan training.

Baca juga: Punya Gaji Rp 10 Juta Per Bulan Baru Bisa Kredit Avanza

“Begitu juga karoseri, untuk komersial, dipersiapkan mengenai rancang bangun karena harus dilakukan penyesuaian karena adanya perubahan produk,” ucap Attias.

Fokus lainnya adalah kepada customer, untuk mempersiapkan edukasi dan training. Jadi tidak hanya diler dan bengkel rekanan, customer juga biasanya memiliki tim mekanik sendiri untuk merawat dan memperbaiki armadanya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.