Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respon Toyota soal Usulan Perpanjangan Diskon PPnBM

Kompas.com - 26/08/2021, 16:52 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, secara resmi telah mengikimkan surat usulan terkait perpanjangan diskon PPnBM kepada Menteri Keuangan (Menkeu).

Otomatis kabar tersebut kembali menjadi angin segar bagi agen pemegang merek (APM) yang produknya menikmati relaksasi, termasuk Toyota.

Apalagi sejauh ini memang dari sisi pemenuhan unit ke konsumen, ternyata masih ada kendala yang membuat terjadinya inden panjang.

Baca juga: Alasan Menperin Ajukan Relaksasi PPnBM 0 Persen Diperpanjang

Menanggapi kabar tersebut, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, pihaknya sudah mendengar soal kabar tersebut.

Test drive Toyota Raizedok TAM Test drive Toyota Raize

"Mengenai wacana PPnBM, kita sudah mendengar juga dari Gaikindo evaluasinya. Memang harus diakui seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan insentif PPnBM, ini sangat membantu market otomotif," ucap Anton dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (26/8/2021).

Lebih lanjut Anton mengatakan, pengaruh PPnBM dari segi penjualan memang terbukti sangat positif. Bahkan meski ada penerapan PPKM di Juli lalu, masih memberikan dampak yang cukup baik.

Hal tersebut cukup wajar, karena dengan adanya relaksasi PPnBM, membuat harga mobil terpangkas signifikan yang bisa memberikan menstimulus bagi konsumen.

"Perlu kita akui juga, di tengah PPKM (dengan adanya PPnBM) bisa tetap mempertahankan level penjualan," kata Anton.

Baca juga: Layanan Baru Toyota, Bikin Tukar Tambah dan Kredit Raize Lebih Ringan

Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Sebelumnya, Agus menyampaikan bila sudah melayangkan surat usulan perpanjangan PPnBM kepada kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Hal ini disampaikan ketika melakukan Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR.

"Saya sudah menandatangani surat kepada Menteri Keuangan (Menkeu) untuk mengusulkan perpanjangan program PPnBM DTP ini, karena kami punya detailnya," ucap Agus, Rabu (25/8/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com