Respon Toyota soal Usulan Perpanjangan Diskon PPnBM

Kompas.com - 26/08/2021, 16:52 WIB
Toyota Avanza IIMS Hybrid 2021 KOMPAS.COM/STANLY RAVELToyota Avanza IIMS Hybrid 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, secara resmi telah mengikimkan surat usulan terkait perpanjangan diskon PPnBM kepada Menteri Keuangan (Menkeu).

Otomatis kabar tersebut kembali menjadi angin segar bagi agen pemegang merek (APM) yang produknya menikmati relaksasi, termasuk Toyota.

Apalagi sejauh ini memang dari sisi pemenuhan unit ke konsumen, ternyata masih ada kendala yang membuat terjadinya inden panjang.

Baca juga: Alasan Menperin Ajukan Relaksasi PPnBM 0 Persen Diperpanjang

Menanggapi kabar tersebut, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, pihaknya sudah mendengar soal kabar tersebut.

Test drive Toyota Raizedok TAM Test drive Toyota Raize

"Mengenai wacana PPnBM, kita sudah mendengar juga dari Gaikindo evaluasinya. Memang harus diakui seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan insentif PPnBM, ini sangat membantu market otomotif," ucap Anton dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (26/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut Anton mengatakan, pengaruh PPnBM dari segi penjualan memang terbukti sangat positif. Bahkan meski ada penerapan PPKM di Juli lalu, masih memberikan dampak yang cukup baik.

Hal tersebut cukup wajar, karena dengan adanya relaksasi PPnBM, membuat harga mobil terpangkas signifikan yang bisa memberikan menstimulus bagi konsumen.

"Perlu kita akui juga, di tengah PPKM (dengan adanya PPnBM) bisa tetap mempertahankan level penjualan," kata Anton.

Baca juga: Layanan Baru Toyota, Bikin Tukar Tambah dan Kredit Raize Lebih Ringan

Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Sebelumnya, Agus menyampaikan bila sudah melayangkan surat usulan perpanjangan PPnBM kepada kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Hal ini disampaikan ketika melakukan Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR.

"Saya sudah menandatangani surat kepada Menteri Keuangan (Menkeu) untuk mengusulkan perpanjangan program PPnBM DTP ini, karena kami punya detailnya," ucap Agus, Rabu (25/8/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.