Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantang Rocky dan Raize, Renault Kiger Mengaspal Jumat Ini

Kompas.com - 26/08/2021, 08:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Meramaikan pasar SUV compact dengan harga terjangkau, akhirnya PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) resmi mengumumkan kehadiran Kiger di Tanah Air.

Dalam undangan yang diterima redaksi, MRI menyatakan bakal melakukan seremoni soft launching untuk Kiger pada Jumat (27/8/2021).

Kehadiran Kiger tentu akan menambah daftar pemain SUV murah lima penumpang di Indonesia. Hal itu sekaligus menjadi rival bagi duet Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Kia Sonet, serta saudara jauhnya sendiri, yakni Nissan Magnite.

Baca juga: Jaguar Land Rover Punya APM Baru di Indonesia, Gandeng Indomobil Group

Kemunculan Kiger sendiri sebenarnya bukan berita baru. Pasalnya, beberapa waktu lalu sudah sempat beredar penampakan sosoknya di dunia maya yang tengah melakukan uji jalan di Jakarta.

Venkatram Mamillapalle, Country CEO & MD, Renault India Operations dengan Renault KIGER pada Acara Peluncuran Global di New DelhiFoto: Renault Venkatram Mamillapalle, Country CEO & MD, Renault India Operations dengan Renault KIGER pada Acara Peluncuran Global di New Delhi

Belum diketahui akan seperti apa spesifikasi yang ditawarkan MRI untuk Kiger bersaing dengan para kompetitornya di pasar otomotif Indonesia.

Namun, bila merujuk dari saudara kembarnya yang sama-sama menggunakan platform CMF-A, kemungkinan besar tak jauh berbeda. Artinya, ada peluang Renault dibekali dapur pacu yang sama dengan Magnite, yakni mesin tiga silinder turbo berkubikasi 1.000 cc.

Berdasarkan data di atas kertas, dapur pacu tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga 98 tk dan torsi maksimal 152 Nm untuk transmisi CVT, sedangkan manual, torsinya lebih besar, yakni 160 Nm.

Baca juga: Dijual Rp 275,9 Juta, SUV Kompak Renault Kiger Siap Meluncur

Nissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu. Nissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu.

Dari segi interior, tampak layout-nya juga tak jauh berbeda. Kiger akan mengusung suasana futuristik yang dibalut dengan konsep minimalis serta didukung sistem hiburan layar sentuh dan tampilan MID yang serba digital.

Bila berkaca dari model di India, Kiger memang cukup menarik, apalagi dihadirkan dengan fitur Smart Access Card yang berguna untuk mengunci pintu tanpa menyentuh. Namun, untuk lebih detailnya seperti apa, baiknya ditunggu sampai benar-benar meluncur.

Baca juga: Ketika Mobil Rombongan Presiden Jokowi Beri Jalan buat Ambulans

Tampilan belakang Renault KigerZIGWHEELS.com Tampilan belakang Renault Kiger

Sementara dari segi harga, jauh sebelum kepastian peluncurannya, Chief Operating Officer PT MRI Davy J Tuilan sudah memberikan informasi saat membuka keran pemesanan bahwa banderolnya sebesar Rp 275,9 juta. 

"Confirm harga OTR DKI, berlaku untuk SPK Juli-Agustus 2021," ucap Davy kepada Kompas.com, Juli 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com