Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NJKB Keluar, Kapan Renault Kiger Mengaspal di Indonesia?

Kompas.com - 17/02/2021, 11:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) rupanya hanya tinggal selangkah lagi memboyong Renault Kiger ke Tanah Air.

Pasalnya, SUV asal India tersebut sudah terdaftar dalam Permendagri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Diketahui Kiger untuk Indonesia akan datang dalam dua tipe, yakni RXT dan RXZ. Sementara untuk Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) juga lebih murah dari kembarannya, yakni Nissan Magnite.

Baca juga: Minat Beli Toyota Raize, Siapkan Tanda Jadi Rp 10 Juta

Berdasarkan data, NJKB Kriger dimulai dari Rp 75 juta untuk varian terendah, yakni 1.0 RXT 4x2 M/T dengan nilai Dasar Pengenaan Pajak (DPP) 78,780 juta. Sementara varian tertinggi, 1.0T RXZ 4x2 A/T Rp 79 juta, dengan DPP mencapai Rp 82,950 juta.

Venkatram Mamillapalle, Country CEO & MD, Renault India Operations dengan Renault KIGER pada Acara Peluncuran Global di New DelhiFoto: Renault Venkatram Mamillapalle, Country CEO & MD, Renault India Operations dengan Renault KIGER pada Acara Peluncuran Global di New Delhi

Ketika mengkonfirmasikan soal waktu peluncurannya, Davy J Tuilan, Chief Operating Officer Renault Indonesia mengatakan, sampai saat ini statusnya masih menunggu persetujuan dari India.

"Untuk Kiger hanya tinggal menunggu approval for marketing saja, karena di India pun harga resminya juga baru diumumkan. Kalau sudah turun, baru kita bisa mulai," ucap Davy kepada Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

Menurut Davy, untuk waktu tepatnya memang belum bisa diprediksi. Tapi dipastikan bila kembaran Nissan Magnite tersebut meluncur tahun ini di Indonesia.

NJKB Renault KigerPERMENDAGRI NJKB Renault Kiger

Begitu persetujuan sudah didapat, maka baru bisa mulai mengambil unit SUV lima penumpang tersebut dari India untuk dikirim dan dipasarkan.

Baca juga: Prediksi Harga Daihatsu Rocky di Indonesia, Setara dengan Xenia

"Untuk waktu tepatnya belum bisa dipastikan, tapi untuk approval-nya sejauh ini sedang dalam proses, artinya sudah mulai berjalan," kata Davy.

Diketahui bila Kiger juga mengusung mesin yang sama dengan Magnite, yakni 3 silinder 1.000 cc turbo dan non-turbo.

Tampilan belakang Renault KigerZIGWHEELS.com Tampilan belakang Renault Kiger

 

Berdasarkan spesifikasi, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 72 tk dan torsi 96 Nm, sementara untuk varian turbo, sebesar 100 tk dan torsi 160 Nm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com