Ini Jam Operasional Satpas Selama Masa PPKM Level 3 dan 4

Kompas.com - 26/08/2021, 07:12 WIB
pemohon SIM di Solo mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi, Senin (9/3/2020). Ari Purnomopemohon SIM di Solo mengikuti tes kesehatan rohani atau tes psikologi, Senin (9/3/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah memperpanjang aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 23-30 Agustus 2021.

Secara umum, Level PPKM beberapa daerah di Jawa dan Bali mengalami penurunan ke Level 3. Namun ada juga yang masih berada di Level 4.

Sejumlah sektor pekerjaan dan instansi yang tidak bersifat kritikal dan esensial, sebelumnya terkena pembatasan, termasuk pelayanan dan operasional Satpas SIM.

Baca juga: Taksi Online Batal Pakai Stiker Khusus Ganjil Genap

Smart SIM KOMPAS.com/Gilang Smart SIM

Kepala Sub Direktorat SIM Ditregident Korlantas Polri Kombes Tri Julianto Djatiutomo, mengatakan, pihaknya kembali melakukan penyesuaian pelayanan SIM sejalan dengan adanya penurunan Level PPKM.

“Satpas SIM yang masuk dalam wilayah Level 4, dapat melayani pemohon dengan kapasitas maksimal 50 persen dari kapasitas normal,” ucap Djati, kepada Kompas.com (24/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Bagi Satpas yang masuk dalam wilayah Level 3, Level 2 dan Level 1, melaksanakan penerbitan SIM sesuai dengan mekanisme perpanjangan dalam situasi normal,” kata dia.

Baca juga: PPKM Diperpanjang Lagi, Begini Aturan Berkendara ke Luar Kota

Ruang tunggu foto untuk pembuatan SIM, di Satpas SIM Daan Mogot, Kamis (19/3/2020)Dokumentasi Satpas SIM Daan Mogot Ruang tunggu foto untuk pembuatan SIM, di Satpas SIM Daan Mogot, Kamis (19/3/2020)

Seperti diketahui, sebelumnya Satpas yang masuk dalam wilayah Level 4 hanya dapat melayani pemohon maksimal 25 persen dari jumlah kapasitas normal.

Sementara itu, Satpas yang masuk dalam wilayah Level 3 dapat melayani maksimal 50 persen dari jumlah kapasitas normal.

Adapun untuk jam operasional Satpas mungkin ada perbedaan di tiap daerah, namun umumnya masih sama sekitar pukul 08.00 sampai 15.00.

Baca juga: Ganjil Genap di Jakarta Berkurang Jadi 3 Kawasan, Ini Lokasinya

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat menyaksikan layanan pembuatan SIM D bagi penyandang disabiitas di Satpas Polresta Malang Kota.KOMPAS.COM/Dok. Kombes Pol Leonardus Simarmata Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata saat menyaksikan layanan pembuatan SIM D bagi penyandang disabiitas di Satpas Polresta Malang Kota.

Meski begitu, Djati mengingatkan agar Satpas menerapkan prokes yang ketat (5M) bagi seluruh pemohon SIM dan personel Satpas.

“Untuk Satpas di luar wilayah Jawa dan Bali dapat memedomani arahan tersebut di atas dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta kebijakan Pemda setempat,” kata Djati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.