Kupas Fitur Nissan Leaf dan Hyundai Ioniq, Mana Lebih Menarik ?

Kompas.com - 25/08/2021, 17:32 WIB
Nissan Leaf KOMPAS.com/STANLY RAVELNissan Leaf

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengulas desain, interior, serta performa, giliran masuk ke sektor terakhir mengenai fitur yang ditawarkan Nissan Leaf bagi calon konsumennya di Indonesia.

Hadir sebagai mobil ramah lingkungan bertenaga listrik, pastinya Leaf sudah dibekali dengan ragam fitur canggih. Dari sektor eksterior, mobil CBU Jepang ini sudah mengusung pencahayaan LED, dan tiap roda sudah tersemat piringan cakram tanpa tromol.

Rangkaian fitur lainnnya bisa ditemui pada interior, salah satunya cruise control yang bersarang pada gagang kemudi. Sebenarnya ini juga bukan hal baru, karena fitur serupa juga bisa ditemui pada pada mobil konvensional.

Baca juga: Ganjil Genap di Jakarta Berkurang Jadi 3 Kawasan, Ini Lokasinya

Nissan LeafKOMPAS.com/STANLY RAVEL Nissan Leaf

Bila dibandingkan dengan kompetitornya, yakni Hyundai Ioniq, fitur cruise control kedua mobil listrik ini cenderung sama, karena belum adaptive. Selain itu keduanya juga sama-sama memiliki keyless entry dan pemanas kursi.

Namun yang menarik, Nissan menawarkan kemudahan dan pengalaman baru dalam berkendara dengan fitur e-Pedal. Seperti diketahui, fungsi dari fitur ini adalah memungkinkan pengendara mengoperasikan mobil hanya dengan satu pedal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat berakselerasi tinggal menekan pedal gas seperti biasanya, sementara ketika butuh melambatkan laju kendaran, cukup lepas pedal gas dan mobil pun akan melakukan deselerasi.

Fitur e-Pedal pada Nissan Leaf Fitur e-Pedal pada Nissan Leaf

Perlu diingat, e-Pedal hanya memberikan deselerasi, tidak bisa diandalkan 100 persen sebagai fitur pengganti pengereman utama. Karena itu, pengendara tetap harus waspada.

Meski demikian, bicara soal memanjakan konsumen, Hyundai Ioniq sepertinya lebih unggul, terutama untuk varian tertinggi, yakni Signature.

Baca juga: Antara Nissan Leaf dan Hyundai Ioniq, Mana yang Lebih Bertenaga?


Hal ini lantaran kabinnya telah dilengkapi pengaturan jok elektrik lengkap dengan memory seat, ambient lighting, dan pendingin. Bahkan tak seperti Leaf yang kemudinya hanya bisa tilt saja, Ioniq sudah lengkap dengan telescopic.

Namun demikian, Nissan cukup lengkap membekali instrumen keselamatan Leaf dengan ragam fitur canggih, mulai dengan Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA), Anti-Lock Braking System (ABS) dengan Brake Assist (BA), Driver Attention Alert (DAA), Electronic Parking Brake (E-PKB), dan Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD).

Hyundai IoniqKOMPAS.com/Ruly Hyundai Ioniq

Masih ada lagi air fitur airbag yang terpasang cukup lengkap di area kabin, yakni Dual SRS Airbag, Side Airbag, dan Curtain Airbag.

Untuk Ioniq, dari fitur keselamatan sebenarnya beti alias beda tipis, tapi sayangnya mobil Korea Selatan ini tak punya kamera 360 derajat, melainkan hanya mundur. Namun hal itu dibayar dengan kehadiran sunroof yang menjadi fitur standarnya.

Baca juga: Punya Saldo Tabungan Minimal Rp 18 Juta, Baru Bisa Beli Xpander

Nah, tinggal dibandingkan sendiri mau pilih yang mana, pastinya diantara kedua mobil listrik ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti istilah ada harga ada rupa.

Tes drive Hyundai IoniqKompas.com Tes drive Hyundai Ioniq

Bicara harga, Nissan membanderol Leaf sebesar Rp 649 juta untuk one tone dan Rp 651 juta untuk dual tone. Semetara Hyundai Ioniq, dipasarkan mulai dari Rp 637 juta hingga RP 677 juta untuk Signature.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.