Tabrak Warung saat Putar Balik, Pentingnya Belajar Menyetir yang Benar

Kompas.com - 25/08/2021, 18:21 WIB
Pengemudi menabrak warung saat putar balik Dok. @depok.updatePengemudi menabrak warung saat putar balik

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyetir mobil memerlukan keahlian dan keterampilan yang tinggi. Sebab, sangat berbahaya jika tidak berhati-hati, bahkan saat putar balik sekalipun.

Contohnya, seperti yang belum lama ini terjadi di daerah Depok, Jawa Barat, tepatnya di Jl. Arif Rahman Hakim. Beredar video di media sosial mobil yang menabrak saat berputar balik.

Baca juga: Bedanya Sekolah Mengemudi yang Terakreditasi dan yang Tidak

Diunggah oleh akun Instagram @depok.update, satu unit mobil minibus memutar balik setelah turun dari flyover dari arah Margonda ke Beji. Diduga salah injak rem, pengemudi tersebut malah tancap gas dan menabrak warung.

https://www.instagram.com/p/CS9EFjlJCBR/?utm_source=ig_web_copy_link

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), mengatakan, pengemudi tersebut tidak kompeten dalam mengendalikan kendaraan dan mentalnya.

"Bisa jadi dia menginjak gas terlalu besar sehingga kaget dan bukannya menginjak rem malah panik dan menginjak pedal gas, tanpa menambah putaran kemudi," ujar Marcell, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Belajar Teori di Sekolah Mengemudi Juga Penting Sebelum Bikin SIM

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Marcell menambahkan, hal tersebut biasanya bisa terjadi pada pengemudi pemula. Menurutnya, seseorang yang ingin belajar mengemudi sebaiknya tidak belajar sendiri.

"Wajib memiliki kompetensi mengemudi di lembaga kursus dan pelatihan mengemudi yang terakreditasi. Sehingga, tidak membahayakan dirinya, orang lain, dan kendaraannya," kata Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.